Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:30:00 WIB

Sambut Muharam, SMAN 2 Singkep Adakan Kegiatan Penguatan Karakter

Jum'at, 22 September 2017 | 16:21 WIB
Sambut Muharam, SMAN 2 Singkep Adakan Kegiatan Penguatan Karakter

Salah Satu Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang merupakan salah satu agenda utama Kemendikbud terus disosialiasikan. Apalagi setelah Presiden Joko Widodo mengesahkan peratuarn PPK ini melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017. Hadirnya peraturan yang hadir di awal bulan September ini diharapkan pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik.

Dalam upaya ikut mensukseskan agenda PPK itu. Sekaligus dilandasi dengan fakta ancaman krisis karakter pada generasi muda. SMA yang beraada di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau ini melakukan agenda yang mereka beri nama dengan “Rihlah Ukhuwah.”

Ketua Panita Kegiatan, Syaftriandy, S.Pd.I dalam keterangannya menuturkan bahwa kegiatan ini secara sederhana dapat diartikan sebagai pemerkuat tali persaudaran sesama pelajar. Khususnya di Kota Singkep ini.

“Kita inginkan sesama pelajar memiliki rasa persaudaraan yang kuat serta saling menjaga. Karakter yang demikian sangat diperlukan. Karena dalam pergaulan sehari-hari para peserta didik ini lebih banyak bersama temannya. Jika mereka berteman, temannya harus pedulu sekaligus menjadi penggerak kebaikan,” ujar guru SMAN 2 Singkep ini.

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum KAMMI Kepri ini juga menuturkan melalui peserta yang terdiri dari lintas sekolah ini diharapkan memberi dampak agar mereka saling akur. “Mereka kita harapkan juga jangan terjebak oleh ego kelompok atau sekolah. Dengan demikian budaya perkelahian antar pelajar atau tawuran antar sekolah dijamin tidak akan terjadi,” jelasnya.

Bentuk acaranya selain mempereratkan persahabatan dengan berkumpul bersama. Para peserta juga diberi berbagai game outbound dan studi kasus mengenai problematikan remaja yang aktual.

“Para peserta juga diajak untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah yang sering mereka jumpai. Kemudian menngkolaborasi ide-ide yang dikeluarkan bersama teman kelomponya, setelah itu dikomunikasikan kepada kelompok yang lain. Dalam sesi ini peserta diajak bermain peran dan mengeluarkan hasil olah pikirnya berdasarkan peran yang dimainkannya.” Ujar salah satu pelatih yang juga guru berprestasi, Riza Andriani, S.Pd

Mengambil momentum tahun baru 1439 H. Acara ini berlangsung pada hari Kamis (21/9). Belangsung secara outdoor dan bertempat di Pantai Sergang Indah Nusantara, kegiatan ini diikuti oleh pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler Rohis. Adapun asal sekolah mereka diantaranya dari SMAN 2 Singkep, SMAN 1 Singkep, SMKN 1 Singkep, SMK Mahardika dan MA Al Barakah.

Salah satu peserta, Taufik Ramadhan mengatakan sangat senang sekali bisa terlibat dalam acara rihlah ukhuwah ini. ” Amazing, kami diajak untuk berfikir kritis dalam memecahkan sebuah kasus problematika remaja dari sudut pandang masing-masing. Belajar berkolaborasi serta saling menghargai pendapat orang lain. Saya dan teman-teman juga berharap kegiatan seperti ini harus dipertahankan,” ujar siswa SMAN 1 Singkep yang juga Ketua Parlemen Remaja Nasional ini.

Berita Terkait