Selasa, 18 Februari 2020 | 18:34:59 WIB

Anadolu Agency Resmikan Layanan Berita Berbahasa Indonesia

Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:50 WIB
Anadolu Agency Resmikan Layanan Berita Berbahasa Indonesia

Kantor berita Turki Anadolu Agency meresmikan layanan berita Bahasa Indonesia pada Senin (23/10) di Jakarta. (FOTO: Anadolu Agency/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kantor berita Turki Anadolu Agency mengembangkan sayap internasional dengan meresmikan layanan berita Bahasa Indonesia pada Senin (23/10) malam di Jakarta. Sejak berdiri tahun 1920 Anadolu Agency telah hadir dalam beragam Bahasa.

Selain Bahasa Turki, Anadolu Agency juga hadir dalam layanan Bahasa Inggris, Arab, Rusia, Bosnia, Kroasia, Serbia, Prancis, Kurdish-Sorani, Kurdish-Kurmanchi, Persia, Albania, Spanyol, dan Makedonia.

Anadolu Agency Biro Indonesia menjadi layanan bahasa ke-12. Pada saat yang sama Kantor berita Turki Anadolu Agency juga tengah mempersiapkan peluncuran layanan bahasa ke-13, yaitu Bahasa Kolombia, pada Kamis (26/10) besok.

Deputi Direktur Jenderal Mustafa Ozkaya mengatakan Anadolu Agency dengan senang hati meresmikan kantor berita global dengan kekuatan internasional di Indonesia. Ini merupakan satu-satunya kantor berita internasional yang menyiarkan layanan berita berbahasa Indonesia.

“Kami siap menyebarkan berita mengejutkan dari seluruh dunia ke Indonesia,” kata Mustafa dalam sambutannya.

Mustafa mengatakan jurnalisme memiliki kekuatan untuk membangun opini publik dan membawa perubahan. Saat ini beragam kekerasan menimpa anak-anak dan orang tak bersalah di seluruh dunia setiap hari, seperti perang Suriah dan eksodus jutaan pengungsi Rohingya akibat aksi kekerasan di Myanmar.

“Anadolu Agency hadir mendokumentasikan beragam insiden itu, foto dan berita memiliki kekuatan untuk menyatukan emosi kita melawan rasa sakit dan penderitaan dunia, juga memotivasi agar kita berbuat sesuatu,” ujar dia.

Indonesia merupakan negara prioritas Anadolu Agency. Dengan populasi lebih dari 260 juta, Indonesia memiliki posisi penting di kawasan Asia Pasifik. Turki dan Indonesia memiliki sejarah kedekatan di masa silam. Peresmian Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia merupakan upaya merekatkan kembali, sekaligus memperkuat hubungan bilateral kedua negara, dengan menyiarkan kisah menarik seputar kehidupan Indonesia ke seluruh dunia dalam 13 bahasa.

“Anadolu Agency Biro Indonesia merupakan jembatan kedekatan Turki dan Indonesia, kami berharap persahabatan dan persaudaraan kita akan semakin kuat dalam semua aspek kehidupan,” jelasnya.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Gurbuz mengatakan saat pertemuan D8 di Turki pekan lalu, Presiden Turki Erdogan dan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla berbincang soal kerja sama strategis kedua negara.

“Kami berharap tahun 2023 mendatang kerja sama ekonomi kedua negara semakin maksimal,” tandasnya.

Salah satu kerja sama ekonomi kedua negara adalah Turkish Airlines sudah memiliki rute penerbangan langsung Turki-Jakarta. Dalam waktu dekat, akan dibuka rute Istanbul-Bali.

Sementara itu Kepala Biro Anadolu Indonesia Dandy Koswaraputra mengatakan Anadolu Agency Bahasa Indonesia telah memulai kegiatannya sejak awal Juli lalu. Dengan awak 20 orang jurnalis yang tersebar di Jakarta, Ankara dan Istanbul, Anadolu Indonesia Biro Jakarta memproduksi sekitar 50 berita, 40 foto dan 2 video setiap hari.

“Tim kami tidak banyak, namun solid,” tuturnya.

Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia dapat diakses di www.aa.com.tr/id. Saat ini berita Anadolu Agency telah digunakan oleh 1694 subscribers dari 45 negara. Anadolu Agency juga memilliki jaringan kantor di lebih dari 40 kota di dunia, dengan representatif jurnalis di 97 negara dan pegawai dari 74 kewarganegaraan.

Sebagai kantor berita, Anadolu Agency merupakan satu di antara sepuluh agensi paling berpengaruh di dunia. Berpengalaman lebih dari 97 tahun, kami menyediakan ribuan artikel berita, foto, video, infografis dan statistik ke seluruh dunia. (NUFUS/ALDY)

Berita Terkait