Sabtu, 31 Oktober 2020 | 19:22:37 WIB

Masyarakat OKU Nikmati Listrik Secara Gratis

Kamis, 20 September 2018 | 01:27 WIB
Masyarakat OKU Nikmati Listrik Secara Gratis

GM RU III Pertamina Djoko Priyono, Wabup OKU Selatan dan Rektor UMP meresmikan turbin PLMH di Dusun 5, Desa Merbau, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), masih belum terjamah fasilitas listrik PLN. (FOTO: LIP6/LINDO)

BATURAJA, LINDO - Sejumlah masyarakat kurang mampu di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera menikmati jaringan listrik secara gratis dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Program Desa Terang 2018.

"Masyarakat kurang mampu yang rumahnya belum terjangkau jaringan listrik di Kabupaten Ogan Komering Ulu bakal mendapat bantuan berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) dan `Solar Home System` (SHS) untuk penerangan rumah tangga," kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu (OKU) Aminilson melalui Kabid Lalulintas dan Angkutan, Aspirin di Baturaja, Rabu (19/9).

Bantuan penerangan tersebut kata dia, merupakan energi listrik bersumber dari matahari yang ditangkap penampang "solar cell".

"Baik PJU maupun listrik rumah tangga menggunakan solar cell," kata dia.

Dia mengemukakan, daya listrik yang dihasilkan cukup besar karena mampu menyalakan delapan titik lampu standar rumah, kipas angin dan televisi.

"Bantuan program ini diprediksi sampai di Kabupaten OKU antara Oktober-November 2018. Namun, pada bulan ini akan datang sampel 10 unit PJU dan 10 SHS," ungkapnya.

Uji coba sampel tersebut, lanjut dia, nantinya akan dilakukan di rumah warga yang mengusulkan bantuan.

Dia menjelaskan, kuota penerima bantuan listrik tenaga surya tersebut untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu pada tahun ini yaitu sebanyak 1.000 unit PJU dan SHS.

"Bantuan ini ditujukan untuk membantu masyarakat kelas bawah supaya dapat menikmati jaringan listrik," ujar dia. (ANT)

 

Berita Terkait