Rabu, 02 Desember 2020 | 01:23:43 WIB

Korban Gempa Palu Boleh Ambil Barang Minimarket, Pemerintah Siap Bayar

Minggu, 30 September 2018 | 10:02 WIB
Korban Gempa Palu Boleh Ambil Barang Minimarket, Pemerintah Siap Bayar

Warga mengambil BBM di salah satu SPBU di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Warga terdampak gempa dan tsunami Palu terpaksa mengambil BBM dari SPBU. (FOTO: ANTARA/LINDO)

PALU, LINDO - Pemerintah mengizinkan warga yang menjadi korban gempa di Palu, Sulteng untuk mengambil barang-barang di minimarket. Barang-barang itu akan dibayar pemerintah.

"Kita sudah perintahkan untuk Alfamart dan Indomaret itu sudah bisa diambil barang barangnya," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Palu, Minggu (30/9).

Keputusan ini diambil karena warga kesulitan mendapatkan makanan. Tjahjo sudah memberikan kontak yang bertanggung jawab kepada manajemen minimarket.

"Kami sudah tinggalkan kartu nama dan kami akan bayar itu semua," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto di lokasi yang sama. Keputusan ini diambil setelah terjadi penjarahan di berbagai lokasi setelah gempa mengguncang pada Jumat (28/9).

"Ada satu kebijakan yang boleh ambil, dibayar oleh pemerintah. Jadi seperti itu mendapatkan air minum dan sebaginya," ujar Wiranto.

Sebelumnya dilaporkan pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, terjadi penjarahan di kota Palu. BBM di SPBU hingga sembako di sejumlah toko pun jadi target penjarahan warga. (DETIK)

 

Berita Terkait