Kamis, 16 Juli 2020 | 19:49:08 WIB

Bupati Kotabaru Resmikan Kampung KB di Magalau Hilir Kecamatan Kelumpang Barat

Selasa, 13 November 2018 | 17:05 WIB
Bupati Kotabaru Resmikan Kampung KB di Magalau Hilir Kecamatan Kelumpang Barat

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH, saat meresmikan Kampung KB, Desa Suka Maju dan Desa Magalau Hilir, Kecamatan Kelumpang Barat dan Kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru, Provonsi Kalimantan Selatan, Selasa (13/11). (FOTO: BADRUN/LINDO)

KOTABARU, LINDO - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH, pada Selasa (13/11) meresmikan dua kampung KB, di Desa Suka Maju dan Desa Magalau Hilir, Kecamatan Kelumpang Barat dan Kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Bupati H Sayed Jafar yang didampingi Ketua Pembina PKK Kabupaten Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Wakil Ketua PKK Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Ramlan, Drs Joni Anuwar MAp, Dinas PKK Kabupaten Kotabaru, serta Camat Drs Tri Basuki Rahmad.

Selain itu turut hadir dalam acara itu, Lanal Kotabaru, Dandim 1004 dan beberapa staf, termasuk seluruh pimpinan SKPD, Forkopinda, Asisten II dan III, Camat, dan seluruh Kepala Desa baik dari Kecamatan Sampanahan maupun dari seluruh Kepala Desa yang ada di Magalau Hilir.

Tampak hadir juga dari Anggota Pengurus PKK Kecamatan dan Pengurus PKK Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta seluruh masyarakat Desa Magalau Hilir.

Bupati H Sayed Jafar dalam keterangannya mengatakan peresmian kampung KB di dua Desa itu, tujuannya adalah memberikan kesejahteraan pada masyarakat yang ada di Dua Desa itu. Program ini kata dia adalah program dari pemerintah pusat dan turun ke pemerintah provinsi hingga sampai ke kabupaten.

"Ini semua sudah disampaikan ke desa-desa dan untuk selanjutnya ditujukan dikecamatan. Hari ini sudah ada tujuh desa yang sudah dilakukan, jadi totalnya masih ada 21 Kecamatan, sisanya masih ada 14 desa lain yang targetnya sebelum akhir tahun ini," kata Bupati pada wartawan.

Disinggung soal infrastruktur lain, jelang akhir tahun dan memasuki tahun baru 2019 ini. Bupati menegaskan soal di pembangunan  yang ada di Desa Magalau sudah dilakukan pengerasan dan tahun 2019 ini segera di aspalkan.

"Pengaspalan sudah berjalan dari Si Ayuh hingga sampai ke Banjar Sari dan dikenakan kepada Sampanahan," ujarnya.

Bupati berjanji pada tahun depan semua jalan yang ada dibeberapa desa di kabupaten itu akan diselesaikan. "Kampung KB yang sudah dilaksanakan tujuannya agar masyarakat yang ada dapat memberikan kesejahteraan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap agar masyarakat bersama-sama bisa merawat jalan yang sudah dibangun ini. Karena anggaran pembangunan jalan ini bersumber dari pemerintah pusat yang disalurkan ke provinsi dan kabupaten.

"Pemerintah daerah berupaya memberikan sebaik mungkin supaya jalan ini lebih bagus lagi," tandasnya.

Bupati mengakui sasaran pembangunan jalan ini bukan hanya di Desa Sampanahan, namun pembangunan jalan ini akan diberikan pada desa lain seprti di Desa Sungai Durian, Si Ayuh, Bakau, Hampang, Tanjung Semalantakan, Pudi, dan Tunjangan Batu.

"Alhamdulillah sebagian sudah berjalan di 21 Kecamatan, tentunya tidak semua spontan dilakukan karena dana dari pemerintah tidak semua untuk dipergunakan jalan saja, tetapi juga untuk kepentingan yang lain. Itu semua untuk seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kotabaru," imbuh Bupati.

Sementara, Camat Drs Tri Basuki Rahmad dan Kepala Desa Baitul Alam dari Magalau Hilir berharap pada warga agar bisa memelihara jalan yang ada. "Kami hanya berpesan pada warga agar jalan yang sudah bagus ini bisa dijaga dengan baik," ujarnya.

Dari total 198 Desa dan 4 Kelurahan yang ada di Kotabaru ini, baru ada 16 Desa yang belum tersalurkan aliran listrik dari PLN. Bupati berjanji pada tahun 2019 pihaknya akan menyelesaikan, termasuk jalanan yang baru dikerjakan.

"Sebelum masa jabatan saya berakhir saya akan segera meyelesaikan sebagian. Bila seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kotabaru masih memberikan kepercayaan, maka semuaaliran listrik dan jalan kembali saya selesaikan," pungkasnya. (M. BADRUN)

 

Berita Terkait