Minggu, 27 September 2020 | 17:16:39 WIB

Belasan Mahasiswa Minta Prabowo Kembalikan Lahan di Gayo

Sabtu, 23 Februari 2019 | 17:06 WIB
Belasan Mahasiswa Minta Prabowo Kembalikan Lahan di Gayo

Belasan mahasiswa melakukan aksi protes minta Capres Prabowo kembalikan lahan mereka ke masyarakat Gayo. (FOTO: ANTARA/LINDO)

BANDA ACEH, LINDO - Belasan mahasiswa yang mengatasnamakan diri "Gayo Merdeka" meminta Prabowo Subianto untuk mengembalikan lahan yang ada di kawasan Aceh Tengah dan Bener Meriah kepada masyarakat.

Para pendemo yang mengusung sejumlah poster bertuliskan "Prabowo Kembalikan Tanah Kami" yang berlangsung di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh Aceh, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat.

"Kami minta Prabowo Subianto dengan izin hutan tanaman industri yang dikuasai oleh PT Tusam Hutan Lestari dapat segera dikembalikan ke masyarakat," kata koordinator aksi Gayo Merdeka, Muhammaddinsyah di Banda Aceh, Sabtu (23/2/2019).

Ia menjelaskan penguasaan hak atas tanah di Gayo adalah hak mutlak masyarakat Gayo yang tidak boleh dihilangkan, dikurangi, dialihkan dan dikuasai oleh oknum yang memiliki modal.

Ia menyebutkan penguasaan tanah 93.300 hektare di Aceh Tengah dan Bener Meriah harus segera dikembalikan ke masyarakat Gayo.

"Aksi yang kami gelar ini juga bagian menyuarakan kepentingan rakyat di mana kehadiran perusahaan tersebut belum membeikan kesejahteraan bagi masyarakat," ucapnya.

Pihaknya meminta Prabowo untuk segera mengembalikan tanah tersebut kepada rakyat Gayo, dan meminta PT THL angkat kaki dari daerah tersebut serta meminta maaf kepada rakyat di daerah itu.

"Kami juga meminta mengembalikan semua keuntungan yang selama ini diterima diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan menggelar aksi serupa jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi.

ANT

Berita Terkait