Selasa, 26 Mei 2020 | 04:57:26 WIB

KPUD Dan Bawaslu DIY Ajak Masyarakat Yogyakarta Tidak Golput

Senin, 25 Maret 2019 | 20:00 WIB
KPUD Dan Bawaslu DIY Ajak Masyarakat Yogyakarta Tidak Golput

(FOTO : RRI/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar acara talk show yang  mengangkat tema “Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Menggunakan Hak Politik Tanpa Golput Pada Pemilu 2019”, di Gedung Auditorium LPP RRI Pro 2 Yogyakarta, Jalan Affandi, Demangan, Catur tunggal, Sleman, DIY, Senin (25/3).

Acara talk show tersebut menghadirkan tiga orang Narasumber sebagai pembicara, diantaranya Komisioner KPU Provinsi DIY Achmad Shidqy, Komisioner Bawaslu DIY Muhammad Amir Nasrudin dan AKBP Suyono selaku Wakabid humas Polda DIY serta dihadiri oleh segenap undangan dari kalangan akademisi, aparat pemda, tokoh masyarakat dan beberapa ormas dari DIY.

Acara diawali sambutan dari penyelenggara sekaligus penanggung jawab Redno Desi selaku kepala stasiun LPP RRI Yogyakarta yang menyampaikan, LPP RRI sebagai sarana publikasi selalu tampil dalam mewadahi program-program terkait pemilu secara netral, akuntabel, kredibel guna kepentingan bangsa.

Dalam acara tersebut, komisioner KPU DIY Ahmad Shidqy mengajak masyarakat untuk bersama-sama ikut mensukseskan gelaran Pesta Demokrasi Rakyat melalui pemilu 2019 yang akan memilih anggota legislatif dan juga presiden periode 2019-2024.

Shidqi juga menjelaskan tentang tata cara mencoblos pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan diselenggarakan secara serentak di seluruh daerah.

“Warga yang sedang bekerja atau kuliah tetap harus mengikuti pencoblosan ditempat tinggalnya termasuk bagi yang mengalami cacat atau gangguan kesehatan, maka KPU telah membentuk tim khusus untuk mendatangi agar dapat memberikan hak pilihnya” jelas Shidqi

Komisioner Bawaslu DIY Amir Nasrudin mengatakan, Bawaslu akan melakukan pencegahan dan penindakan terhadap Pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu.

Bawaslu telah bekerja dari persiapan penyelenggaraan pemilu hingga pemenang ditetapkan nantinya. “Bawaslu juga mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu namun meminta partisipasi dari masyarakat untuk melaporkan ke Bawaslu, jika memang ada pelanggaran yang terjadi di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakabid Humas Polda DIY AKBP Suyono menghimbau, agar semua elemen masyarakat turut serta menjaga keamanan mulai dari masa kampanye hingga pelaksanaan pemilu nanti serta meminta masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak jelas sumbernya “Masyarakat jangan gampang terpengaruh dengan pemberitaan atau kabar Hoax yang bisa memecahbelah persatuan bangsa” kata AKBP Suyono.

Dalam acara tersebut juga memuat sesi tanya jawab antar peserta dengan nara sumber sehingga terjalin interaksi yang baik dalam mengupas mengenai pemilu. (ARMAN R)

Berita Terkait