Selasa, 07 Juli 2020 | 13:58:09 WIB

Pemda Diminta Petani Waetina Tangani Puluhan Hektar Sawah Yang Terancam Tergerus Aliran Air Sungai

Sabtu, 29 Juni 2019 | 23:58 WIB
Pemda Diminta Petani Waetina Tangani Puluhan Hektar Sawah Yang Terancam Tergerus Aliran Air Sungai

(FOTO : AAM/LINDO)

NAMLEA, LINDO - Akibat aliran air sungai yang tidak terkendali, puluhan hektar Sawah di Desa Waetina, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Propinsi Maluku, terancam tergerus arus sungai.

"Saat musim hujan arus Sungai Waetina terus mengikis tebing sungai sekitar Sawah yang dilintasi aliran sungai Waetina," ungkap Karyadi, salah seorang Petani Desa Waetina yang ditemui Lindo di lokasi Sawah sekitar sungai, Sabtu (29/6). 

Lahan Sawahnya saat ini lanjut Karyadi, tidak dapat dikelola, karena terkena dampak arus sungai yang mengikis tebing dan berakibat  lahan sawahnya hilang tergerus aliran air sungai Waetina.

"Sudah beberapa tahun lahan Sawah saya seluas 3/4 Hektar tidak dapat digarap karena sudah terkikis habis oleh aliran sungai Waetina dan menjadi sungai," tutur Karyadi.
 
Iai berharap kepada instansi terkait, atas nama Petani sekitar aliran sungai Waetina, agar persoalan ini dapat segera diatasi, mengingat apabila dibiarkan akan terus menggerus puluhan hektar lahan sawah lainnya. 

"Mohon kepada pejabat atau instansi terkait agar segera ambil langkah, karena ini sangat penting. saya perhatikan bukan hanya beberapa hektar sawah yang telah tergerus arus sungai, tapi bila dibiarkan arus sungai, akan terus mengikis tebing yang akan berdampak pada puluhan hektar sawah yang dilintasi aliran sungai Waetina ikut tergerus," ujar Karyadi. (AAM PURNAMA)

Berita Terkait