Rabu, 08 Juli 2020 | 15:49:02 WIB

BK Tinjau Langsung Warga Terkena Gempa.

Selasa, 16 Juli 2019 | 18:05 WIB
BK Tinjau Langsung Warga Terkena Gempa.

Bupati halsel saat meninjau korban Gempa

HALSEL, LINDO - Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Hi. Bahrain Kasuba, yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, juga sebagi kepala Dinas pendidikan Kabupaten Halsel Hj. Nurlela Muhammad, pada siang tadi, Senin 15 Juli 2019 turun langsung melihat Masyarakat Kacamatan Gane Barat yang berada ditempat pengungsian, akibat gempa bumi.

Kunjungan orang nomor satu di Halmahera Selatan (Halsel) ini untuk memastikan bahwa warga yang terkena Gempa Bumi berkekuatan 7,2 SR di Kecamatan Gane Timur dan Gane Barat itu baik-baik saja. Bupati  bersama Istri baru mendatangi tiga Desa yakni Desa Saketa, Desa Bumi Rahmat dan Desa Balitata, Dimana diketahui di Desa Bumi Rahmat sendiri ada kurang lebih 2 ribu jiwa yang mengungsi, Karena terdapat 4 Desa yang mengungsi disana, diantaranya Desa Papaceda, Koititi, Doro dan Seketa. 

Warga yang melihat kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Halsel ini, langsung merasa senang walaupun masih diliput kesedihan paska gempa.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan agar Warga dapat bersabar dan tetap bersemangat dan dapat melakukan aktifitas rumah tangga seperti biasa, agar tetap makan tepat waktu,supaya tidak  ada yang sakit.

Bupati juga menyampaikan bahwa, saat ini bantuan pemerintah daerah berupa makanan dan lain-lainnya sedang didistribusi menggunakan kapal menuju ke lokasi-lokasi yang terkena gempa Bumi. 

"Diharapkan semua bisa bersabar, Insya Allah nanti ada bantuan dari Pemda yang datang, "ungkap Bupati 

Bupati menghimbau kepada para kepala-kepala desa agar dapat melihat seluruh  kebutuhan warganya yang terkena gempa bumi dan mengungsi. Dirinya juga menyampaikan kepada para Kepala-Kepala Desa agar menggunakan Anggaran Dana Desa untuk kebutuhan. 

Selain itu Bupati juga mengajak Warga di tempat pengungsian agar selalu beribada kepada Allah SWT, dan selalu berdoa agar gempa bumi bisa berhenti.

"Dia yang mendatangkan musiba ini, Dia juga yang menghentikan, olehnya itu, mari kita selalu bertakwa kepadanya, "pinta Bahrain

Sementara itu Kepala Desa Bumi Rahmat Fardi Hamba, Kecamatan Gane Barat Fardi Hamba menyampaikan bahwa akibat gempa bumi berkekuatan 7,2 SR kemarin membuat 40 bangunan rumah, dan 2 bangunan Sekolah SD dan SMP di Desa tersebut ambruk, pihak Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dan Basarnas Halmahera Selatan telah mendata rumah ambruk tersebut.

“Ada sekitar 42 bangunan, 2 merupakan bangunan Pemerintah yang ambruk akibat gempa, saat ini tim sudah mendata untuk di berikan bantuan, untuk makan juga bisa diatasi namun kami masih butuh bantuan,” ujar Kades Bumi Rahmat

Sementara  di Desa Balitata sendiri ada kurang lebih 60 rumah  yang ambruk, ada yang rusak ringan dan  juga yang rusak berat.  Saat ini juga warga sudah mengungsi ditempat ketinggian. 

Bupati bersana rombonga juga akan terus turun langsung melihat kondisi Pengungsi di Kecamatan Gane Dalam dan Gane luar. (Saruma) 

Berita Terkait