Rabu, 08 Juli 2020 | 13:49:31 WIB

Ada Dugaan Rekayasa Laporan Dana Desa di Haltim, Pernah Lapor Polisi

Jum'at, 26 Juli 2019 | 18:43 WIB
Ada Dugaan Rekayasa Laporan Dana Desa di Haltim, Pernah Lapor Polisi

Ilustrasi - Pembangunan MCK 2 Pintu Gampong Seumirah Anggaran Dana Desa Tahun 2018. (FOTO: IST/LINDO)

HALTIM, LINDO - Penggunaan dana desa (DD) tahun 2018 di Desa Tatangapu, Kecamatan Maba Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, kini menjadi sorotan masyarakat serta pihak pengawasan dana desa.

Menurut masyarakat Desa Tatangapu bahwa pihak inspektorat dari Pemda Haltim, pernah memaparkan ke mereka soal anggaran 2 unit Mandi Cuci Kakus (MCK) tersebut anggarannya tidak sesuai.

"Inspektorat Pemda Haltim pernah bilang ke masyarakat bahwa anggaran senilai Rp.182 juta tersebut tidak sesuai dengan fisik," kata warga.

Sumber juga menjelaskan bahwa bukan hanya anggaran MCK saja, namun dalam APB Desa Tatangapu tahun 2018, ada tercantum pembangunan taman desa, namun dalam pelaksanaan tidak ada realisasi alias fiktif.

"Pihak inspektorat pernah melaporkan masalah tersebut ke pihak Polres Halmahera Timur, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan," paparnya.

Kepala Urusan (Kaur) Tatangapu Yahya saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dirinya sudah jelaskan pada penyidik kepolisian Haltim.

"Kalau masalah ini saya sendiri sudah di panggil oleh Polres Haltim untuk di mintai keterangan terkait laporan warga, dan saya pun sudah menjelaskan sesuai apa yang saya thau," katanya.

Dia mengaku dicecer sejumlah pertanyaan oleh penyidik seputar anggaran taman yang adda di desa tersebut.

"Saya di tanya terkait taman dan sudah saya jelaskan bahwa di desa Tatangapu tidak ada taman yang di kerjakan," ungkapnya.

Yahya juga mengakui mempertanyakan ihwal tersebut ke ibu kepala desa dan kebutulan ibu kades juga menjabat sebagai kaur umum di kantor desa Tatangapu dan ibu kades pun menjelaskan bahwa yang di maksud taman dalam bahasa aplikasika adalah bangunan pagar.

"Saya sendiri juga jadi binggung dengan penjelasan ibu kepala desa yang mengatakan bahwa taman dalam bahasa aplikasi adalah pagar, karena setahu saya taman yah taman dan bukan pagar," tandasnya.

FAISAL

Berita Terkait