Jumat, 30 Oktober 2020 | 22:53:14 WIB

Menlu RI: Asia Tenggara Bukan Tempat Limbah Negara Lain

Rabu, 31 Juli 2019 | 22:35 WIB
Menlu RI: Asia Tenggara Bukan Tempat Limbah Negara Lain

Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan Menteri ASEAN mengajak Asia Tenggara lawan pengiriman limbah ilegal. (FOTO: Kemenlu RI/LINDO)

BANGKOK, LINDO - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendesak negara Asia Tenggara bertindak tegas atas pengiriman sampah dari negara maju. Hal itu disampaikan dalam sesi paripurna Pertemuan Menteri negara anggota ASEAN pada 31 Juli di Bangkok, Thailand.
 
"Asia Tenggara bukan tempat sampah untuk limbah ilegal dari negara lain,” ujar Menlu Retno, seperti dikutip dari akun Twitter Menlu RI, Rabu, 31 Juli 2019.

“Saya menyuarakan keprihatinan tentang masuknya limbah beracun tersebut selama Retret Pertemuan Menteri ASEAN ke-52 di Bangkok,” sebut Menlu.
 
“Indonesia mendesak ASEAN untuk mengirim sinyal kuat ke negara-negara asal limbah ilegal,” tegas Menlu Retno.
 
Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga mengulang kembali dukungan bagi Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Timor Leste sudah mengajukan aplikasi keanggotaan di ASEAN pada 4 Maret 2011.
 
Persiapan peresmian kembali gedung Sekretariat ASEAN yang baru juga menjadi pembahasan. Menlu mengatakan pada 8 Agustus 2019 gedung tersebut akan dibuka dan akan menyambut semua Menteri Luar Negeri ASEAN ke acara tersebut.
 
Selain itu Menlu Retno juga menyebutkan bahwa Indonesia memandang sudah saatnya untuk meninjau Term of Reference ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (ToR AICHR). AICHR dinilai perlu meningkatkan implementasi mandat perlindungannya.

MEDCOM

Berita Terkait