Sabtu, 31 Oktober 2020 | 20:20:28 WIB

Menteri Desa Ancam Tangkap, Jika Kades Main-main Dana Desa

Jum'at, 2 Agustus 2019 | 11:56 WIB
Menteri Desa Ancam Tangkap, Jika Kades Main-main Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Mendagri Tjajo Kumolo, memberikan keterangan pers di Jakarta. (Foto: KOMPAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menegaskan, akan ada tindakan tegas terhadap oknum yang melakukan penyelewengan dana desa.

Perangkat desa yang terbukti terlibat penyelewengan akan langsung dipecat.  

"'Bulan madu' sudah selesai. Kalau kemarin diingetin terus, saat ini kalau masih macam-macam lagi, masih main-main, kami tangkap," ujar Eko, di Jakarta, Jumat (02/8/2019).

Untuk mengawasi penggunaan dana desa, pemerintah melibatkan berbagai pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kepolisian, Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta kementerian lain yang terkait.

"Sudah ada informasi dan data yang lebih lengkap. Jadi tidak mungkin tidak akan ketahuan, karena dana desa yang mengawasi banyak pihak," kata Eko.

Pemerintah juga meminta masyarakat proaktif melaporkan dugaan terjadinya penyalahgunaan dana desa ke Satgas Dana Desa dengan nomor 1500040.

"Dana desa sudah Rp 60 triliun tahun ini. Masyarakat harus bantu lapor jika ada indikasi penyelewengan ke Satgas. Kepala desa juga jangan takut lapor jika ada intervensi," ujar dia.

KOMPAS/YUSUP

Berita Terkait