Kamis, 09 Juli 2020 | 09:30:56 WIB

Menkoperekonomian: Tak Semua PNS Bisa Kerja di Rumah

Senin, 12 Agustus 2019 | 18:24 WIB
Menkoperekonomian: Tak Semua PNS Bisa Kerja di Rumah

Ilustrasi - Pegawai negeri sipil (PNS) sedang beraktifitas di kantor pemerintah DKI Jakarta. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai rencana pegawai negeri sipil (PNS) bekerja di rumah akan sulit diterapkan. Wacana yang sedang digodok Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) itu tak bisa diberlakukan untuk semua ASN.
 
"Ya kalau digital-digital itu bisa tapi ya pemerintahan bagaimana ya," ujarnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 8 Agustus 2019.
 
Namun demikian, Darmin enggan berkomentar lebih jauh. Hanya saja kerja ASN yang sifatnya pelayanan ke masyarakat harus tetap dilakukan secara tatap muka.

"Coba tanya lagi ke Kemenpan-RB," imbuh dia.
 
Wacana agar PNS bisa bekerja dari rumah sebelumnya dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB pun tengah mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.
 
Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.
 
"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata dia dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.

MEDCOM

Berita Terkait