Selasa, 26 Mei 2020 | 04:28:11 WIB

Camat Waelata Lantik Dua Pejabat Kepala Desa

Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:44 WIB
Camat Waelata Lantik Dua Pejabat Kepala Desa

(FOTO : AAM/LINDO)

BURU, LINDO - Camat Waelata Sriadi, S. Sos, M.MP mewakili Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi, S. Pi, MM melantik dua Penjabat Kepala Desa Waeleman dan Desa Waetina yang telah habis masa jabatannya, di Balai Desa Waelo, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Propinsi Maluku, Selasa (13/8).

Pelantikan PJS Kepala Desa Waeleman berdasarkan Surat Keputusan Bupati Buru Nomor: 141/288/2019 tentang Pemberhentian Kepala Desa Terpilih Desa Waeleman dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Waeleman, Kecamatan Waelata dan Surat Keputusan Bupati Buru Nomor : 141/286/2019 tentang Pemberhentian Saudara Suyitno Wibowo Sebagai Penjabat Kepala Desa Waetina dan Pengangkatan Saudara Nofianto sebagai Penjabat Kepala Desa Waetina,  Kecamatan Waelata.

Keduanya berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di kecamatan Waelata yang mana Gahtan Pattimura sebelummya menjabat Kepala Desa Waeleman terpilih yang berstatus PNS dan telah berakhir masa jabatannya kemudian diangkat kembali menjadi Penjabat Desa Waeleman. Sedangkan Suyitno Wibowo Penjabat Kepala Desa Waetina diberhentikan dan angkat Nofianto sebagai Penjabat Desa Waetina.

Dalam sambutan Bupati Buru yang dibacakan Camat Waelata menyampaikan, ia mengajak jajarannya untuk memanjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya yang begitu besar kepada Kita, sehingga pada hari ini dapat terlaksana acara pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat Kepala Desa Waeleman dan Kepala Desa Waetina, Kecamatan Waelata.

"Otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah. Pemerintah Daerah (Pemda) juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa- desa yang berada di wilayahnya. Sehingga penyegaran pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa," terang Bupati Buru.

Menurutnya, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa Kepala Desa yang telah habis masak jabatannya, Bupati mengangkat pejabat kepala desa dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan fungsi utama menjabat kepala desa adalah mempersiapkan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Selain mempersiapkan pelaksanaan Pilkades kata Bupati, pejabat kepala desa juga melaksanakan tugas-tugas, wewenang, dan kewajiban Kepala Desa serta memperoleh hak yang sama dengan Kepala Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Buru juga berpesan, agar para pejabat kepala desa yang baru saja terpilih dan diambil sumpah jabatannya jangan pernah lepas koordinasi baik dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat maupun pemerintah kecamatan, itu bertujuan agar berbagai program kegiatan di desa dapat berjalan seperti biasanya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan sehingga pembangunan di desa dapat terus berjalan secara maksimal.

"Saya ingatkan bahwa Kabupaten Buru pada 2019 ini kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam ukuran BPK yang mana status WTP diberikan kepada Kabupaten/Kota yang administrasi tata kelola keuangannya dilakukan dengan baik," kata Bupati.

Hal ini menurutnya, tidak terlepas pisah dengan pengelolaan keuangan Desa karena kawansan Desa merupakan bagian dari APBD Kabupaten Buru itu atas predikat yang diberikan oleh BPK. "Saya sampaikan terima kasih kepada bapak-bapak Kepala Desa yang telah membantu BPK dalam menyediakan data dalam proses pemeriksaan data, dan saya berpesan mari kita tetap mempertahankan predikat WTP ini," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan Koramil 1506-4/Waeapo, perwakilan Polsek Waeapo, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Waelata, para pimpinan UPTD Se - Kecamatan Waelata, Batibung Danpos Waelata, Babinkamtibmas, Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Waelata, Ketua dan anggota DPD yang sempat hadir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan. (AAM PURNAMA)

 

Berita Terkait