Minggu, 05 Juli 2020 | 00:15:01 WIB

Menkopolhukam Temui Tokoh Adat Sorong

Kamis, 22 Agustus 2019 | 22:01 WIB
Menkopolhukam Temui Tokoh Adat Sorong

Menkopolhukam Jenderal Purn Wiranto. (FOTO: ANTARA/LINDO)

SORONG, LINDO - Rombongan Menkopolhukam Jenderal Purn Wiranto bertemu dengan puluhan tokoh adat dan masyarakat Kota Sorong, Papua Barat. Pertemuan yang berlangsung satu jam ini untuk mendengar langsung aspirasi warga Sorong pascademo berujung ricuh sepekan terakhir.
 
Wiranto menyebut kedatangannya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto atas perintah Presiden Joko Widodo. Dia diinstruksikan bersilaturahmi dengan seluruh tokoh adat Kota Sorong.
 
Sekitar 50 orang tokoh adat dan masyarakat hadir dalam pertemuan ini. Tokoh adat Kota Sorong menyampaikan tiga poin tuntutan.

"Pertama, mereka (tokoh adat) meminta kehadiran Presiden Jokowi ke Sorong," kata Andre Raunsay, kontributor Metro TV yang menyaksikan pertemuan, Kamis 22 Agustus 2019.
 
Kedua, mereka meminta asrama Papua difungsikan kembali seperti sedia kala. Ketiga, aparat keamanan menindak pelaku yang rasial ke mahasiswa Papua yang ada di Surabaya dan Malang. Baik sipil atau aparat negara.
 
Dalam pertemuan tersebut hadir pula Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Bupati Sorong Stepanus Malak, Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Seusai pertemuan, rombongan Menkopolhukam melanjutkan perjalanan untuk berkeliling Papua.
 
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan juga hadir di Sorong untuk rekonsiliasi. Setelah dari Sorong, rombongan gubernur akan bergeser ke Fakfak untuk melakukan hal yang sama. Upaya rekonsiliasi yang ditempuh Pemprov Papua Barat, Polda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari dengan berkoordinasi dengan seluruh tokoh dan pemangku kepentingan di daerah masing.

MEDCOM

Berita Terkait