Sabtu, 15 Agustus 2020 | 03:26:44 WIB

DPR RI Segera Panggil Kapolri dan Panglima TNI Bahas Soal Papua

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:41 WIB
DPR RI Segera Panggil Kapolri dan Panglima TNI Bahas Soal Papua

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta soal isu Papua. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - DPR segera memanggil Kapolri Jenderal Tito Karanvian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membahas soal kerusuhan yang terjadi di Papua, dan Papua Barat. Legislatif ingin masalah ini segera dituntaskan.
 
"Komisi III dan Komisi I akan meminta penjelasan baik dari Panglima TNI maupun Kapolri, intinya adalah yang ingin diketahui DPR bagaimana ujung penyelesaian daripada apa yang kita lihat kemarin," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo di Jakarta, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Pria yang akrab disapa Bamsoet itu ingin TNI dan Polri tidak hanya fokus dalam penanganan kerusuhan di Papua. Penyebab kerusuhan juga harus diusut.

Menurut dia, pemicu kerusuhan di Papua ialah adanya dugaan rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur. Ia mendorong aparat segera mencari pelaku rasisme tersebut.
 
"Harus diproses hukum semuanya, jadi terutama soal penghinaan, kalau ditemukan ada pelanggaran hukum dan pidana, saya minta dan mendorong pihak kepolisian menyelesaikannya tanpa pandang bulu. Jadi betul-betul penegakan hukum dilakukan secara fair," kata Bamsoet.
 
Di sisi lain, politikus Partai Golkar itu mengatakan penanganan kerusuhan di Papua harus dilakukan dengan cara persuasif. Ia menilai pendekatan represif tidak akan menyelesaikan masalah di Papua.
 
"Pendekatan ke Papua harus komprehensif, menghindari kekerasan agar semua kembali normal," tuturnya.
 
Bamsoet ingin semua masalah yang terjadi di Papua segera diselesaikan. Ia tak ingin Papua dianaktirikan.
 
"Bagaimanapun juga Papua merupakan bagian dari Indonesia dan Indonesia tidak lengkap tanpa Papua," pungkasnya.

MEDCOM

Berita Terkait