Rabu, 28 Oktober 2020 | 22:05:53 WIB

BPIP Sebut Ada Yang Memanfaatkan Warga Papua untuk Kepentingan Politik

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 14:53 WIB
BPIP Sebut Ada Yang Memanfaatkan Warga Papua untuk Kepentingan Politik

Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono (tengah). (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono menyarankan semua pihak duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan Papua. Pendekatan dialog dinilai menjadi pemetaan persoalan yang dituntut oleh masyarakat Papua.
 
"Ini yang menuntut untuk perkembangan kemakmuran, kesejahteraan, atau untuk yang lainnya. Ini ada yang ingin memanfaatkan (warga) yang enggak sejahtera untuk dibawa ke persoalan politik," kata Hariyanto di Kantor BPIP di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Dia mengusulkan instansi terkait memetakan diferensiasi tersebut. Hal itu perlu dilakukan agar pemerintah tidak keliru bertindak.

"Dibutuhkan musyawarah atau dialog. Mudah-mudahan pemerintah bisa mempertemukan kepala suku untuk diajak diskusi. Jadi bukan elite yang ada di luar negeri, tapi kepala suku yang justru hidup di sana," kata Hariyanto.
 
Pada Kamis, 29 Agustus 2019 massa berdemonstrasi di Jayapura untuk menentang tindakan rasialis terhadap mahasiswa Papua. Demonstrasi itu diwarnai dengan aksi pelemparan batu dan perusakan mobil aparat keamanan, perusakan fasilitas umum, dan pembakaran Kantor Majelis Rakyat Papua.

MEDCOM

Berita Terkait