Minggu, 25 Oktober 2020 | 05:47:11 WIB

Menkominfo: Pemerintah tak Putus Jaringan Seluler di Papua

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 14:58 WIB
Menkominfo: Pemerintah tak Putus Jaringan Seluler di Papua

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta. (FOTO: MEDCOOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membantah adanya pemutusan jaringan selular dari pemerintah. Pemutusan jaringan selular yang terjadi di Papua lantaran ada yang memutuskan kabel optik Telkomsel.
 
"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura," kata Rudi dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.
 
Dia mengatakan pemerintah hanya melakukan pembatasan layanan data internet sementara sebagai langkah untuk meredam kericuhan. Pemutusan jaringan selular sama sekali tidak dilakukan oleh pemerintah.

"Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out) sementara layanan suara (menelepon atau ditelepon) serta SMS (mengirim atau menerima) tetap difungsikan," ujar Rudi.
 
Saat ini, operator selular Telkomsel sedang berusaha mengembalikan situasi dengan memperbaiki kabel yang terputus. Perbaikan juga dibantu dengan TNI-Polri.
 
"Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali. Kami juga sudah koordinasi dengan TNI-Polri untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka," tutur Rudi.
 
PT Telkom (Persero) Tbk menyatakan layanan melalui GraPARI Jayapura untuk sementara tidak beroperasi hingga waktu yang belum bisa ditentukan sehubungan dengan adanya aksi unjuk rasa di wilayah tersebut.
 
Layanan Telkomsel di sebagian wilayah Base G dan Abepura tidak beroperasi. Begitu pun dengan layanan IndiHome di sebagian wilayah Abepura yang mengalami gangguan. Namun layanan TelkomGroup mencakup layanan Telkomsel dan IndiHome masih dapat beroperasi di beberapa lokasi.
 
Saat ini Telkom tengah melakukan sejumlah antisipasi terhadap aset dan layanan TelkomGroup. Salah satunya terhadap gedung pelayanan pelanggan TelkomGroup di Koti yang dalam kondisi terbakar. Meskipun, tingkat kerusakan belum bisa diidentifikasi mengingat keadaan yang belum memungkinkan. Sedangkan Gedung TelkomGroup lainnya dalam kondisi aman.

MEDCOM

Berita Terkait