Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:15:38 WIB

Fadli Zon Dukung Pemekaran Kota/Kabupaten di Jabar

Senin, 2 September 2019 | 21:50 WIB
Fadli Zon Dukung Pemekaran Kota/Kabupaten di Jabar

Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (FOTO: ANTARA/LINDO)

BANDUNG, LINDO - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendukung rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memekarkan wilayah kabupaten atau kota. Ia menilai Jawa Barat dirugikan dari sektor anggaran karena memiliki 27 kabupaten dan kota.
 
"Karena kita melihat di Jawa Barat ini dirugikan, dari sisi APBD, pembangunan dan anggaran," kata Fadli di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin, 2 September 2019.
 
Jawa Barat telah mengajukan pemekaran tiga wilayah, Bogor Barat, Garut Selatan, dan Sukabumi Utara. Proses pemekaran tertunda karena kebijakan moratorium yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo.

"Menurut saya Jawa Barat ini harus ada pengembangan daerah otonomi baru yaitu kabupaten atau kota baru. Karena Jawa Barat ini agak dirugikan dari jumlah penduduk besar, kalah oleh Jawa Tengah dan Jawa Timur," bebernya.
 
Politikus Partai Gerindra ini menilai Jabar seharusnya memiliki 40 kabupaten atau kota. Jumlah itu bisa membuat pembangunan di Jawa Barat merata hingga pelosok. Fadli menilai pembangunan di beberapa wilayah masih timpang, seperti Garut, Sukabumi, dan Bogor.
 
"Paling tidak di Jawa Barat itu ada kabupaten atau kotanya mungkin sekitar 40 dari 27 sekarang. Sehingga bisa mempercepat pembangunan di Jawa Barat," ungkapnya.
 
Fadli tak setuju dengan wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya. Menurutnya, wacana itu tak dibutuhkan saat ini.
 
"Bukan menjadi provinsi di daerah tertentu (Provinsi Bogor Raya), tetapi pengembangan daerahnya dulu, mungkin Bogor Barat, Bogor Timur, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Cianjur dan juga beberapa yang lain. Yang ini saya kira harus didorong sekarang untuk mempercepat pembangunan di Jawa Barat," pungkasnya.

MEDCOM

Berita Terkait