Selasa, 14 Juli 2020 | 17:00:23 WIB

Tokoh Papua Komentari Soal Veronica Koman

Minggu, 8 September 2019 | 20:57 WIB
Tokoh Papua Komentari Soal Veronica Koman

Polisi menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka kasus Papua, dan dia juga pernah bela Ahok sampai hina Jokowi. (FOTO: LIPUT6/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tokoh Papua Freddy Numberi mengomentari tersangka kerusuhan Papua, Veronica Koman. Menurutnya, semua sebaiknya diserahkan pada aparat.
 
"Saya lihat bahwa kita harus percaya pada aparat, tentu mereka punya mekanisme sendiri dalam mengawasi masalah," kata dia saat ditemui di kantor PMKRI, Sabtu, 7 September 2019.
 
Freddy berharap aparat memperlakukan VK seadil-adilnya. "Kalau memang kesimpulannya tak salah, ya dilepas," ungkapnya.

Gubernur Papua 1998-2000 tersebut mengaku tak mengenal Veronica. Ia yakin bahwa aparat sudah memiliki jejak rekam Veronica dan yakin bahwa aparat sudah mengenal siapa target mereka.
 
"Kita percayakan dengan mekanismenya," tutup dia.
 
Polda Jatim menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka kasus ujaran kebencian dan penyebaran berita hoaks, terkait insiden di Asrama Mahasiswa Papua (AMP) di Jalan Kalasan Surabaya, pada 17 Agustus 2019. Veronica diduga memprovokasi di media sosial (medsos) Twitter.
 
Provokasi ditulis menggunakan bahasa Inggris dan disebar ke dalam negeri maupun luar negeri. Semua provokasi dibuat tanpa fakta yang sebenarnya.
 
Veronica dijerat dengan pasal berlapis yakni UU ITE KUHP Pasal 160 KUHP. UU Nomor 1 Tahun 1946 dan UU Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Suku, Etnis dan Ras.

MEDCOM

Berita Terkait