Kamis, 02 Juli 2020 | 16:30:09 WIB

Desa Subaim Anggarkan DD 20 Juta Belanja Lampu Jalan

Senin, 23 September 2019 | 14:49 WIB
Desa Subaim Anggarkan DD 20 Juta Belanja Lampu Jalan

Kantor desa Subaim, Kecamatan Wasile, kabupaten Halmahera Timur. (FOTO: ALDY ABAS/LINDO)

HALTIM LINDO - Pembelanjaan lampu jalan yang menggunakan dana desa senilai 20 juta rupiah yang sudah dianggaran sejak tahun 2018 hingga kini belum juga dilaksanakan.

Demikian dikatakan Kepala Desa Subaim Malik Tababa saat ditemui media ini di kediamannya di desa subaim kecamatan wasile kabupaten Halamahera Timur, Jumat 20 september 2019.

Dalam keteranagannya, malik membantah semua keterangan warganya soal korupsi dana desa yang dibalnajakan untuk lampu jalan yang ada di desa itu.

"Kalau soal dana desa yang dipekerjakan utuk lampu jalan sebesar 20juta itu pun hanya buat belanja lampu belum saja, yang Lain kami tidak masuk dalam RAB. Mengenai tuduhan masyarakat semua itu saya anggap hal biasa tidak perlu ditangapi." Kata malik.

Lebih Lanjut malik menegaskan saat ini dia dan jajarannya masih trrkendala soal aturan dari PLN karena penerangan tersebut menggunkan tiang listrik yang sudah dipasang oleh PLN sejak kades yang lama.

"Kami hanya meneruskan saja karena tiang lampu PLN sudah ada kami hanya belanja lampu belon saja. Saya sudah instruksi pada sekdes agar mempercepat pemasnagan lampu tersebut," tanya kades.

Sedangkan pantauan dilapngan sejumlah ting listrik milik PLN sudah mulai kusam dan tidak terurus. Bahkan ada sebagian tiang lampu PLN sudah mulai berkarat dan tidak perbahrui.

Disejumlah sudut di desa itu pada malam hari terlihat gelap dan jarang warga melakukan aktiffiitas pada malam hari, karena tidak ada lampu penerangan jalan.

"Kalau malam sempat kami disini sangat sunyi dan gelap. Torang kalau mau duduk disitu di leger rasa takut karena gelap gulita. Sedangkan lampu jalan dari rumah warga tiangnya tidak terlalu tinggi sehingga penrengan disekitar kami sangat gelap sekali," tutur salah satu warga yang ditemui baru baru ini.

ALDY ABAS

Berita Terkait