Minggu, 27 September 2020 | 17:06:59 WIB

Satgas TMMD 734 Berikan Bantuan Kesehatan Untuk Warga Pedalaman

Minggu, 20 Oktober 2019 | 07:22 WIB
Satgas TMMD 734 Berikan Bantuan Kesehatan Untuk Warga Pedalaman

(FOTO: PENREM 152 BABULLAH/LINDO)

HALUT, LINDO - Tim Kesehatan Pos Kotis Satgas TMMD 734, pada Sabtu (19/10/2019) melaksanakan kesehatan keliling ke pedalaman Halmahera Utara tepatnya di desa Soasio, Kecamatan Galela Utara, kabupaten Halmahera Utara.

 

Kegiatan ini di lakukan oleh Danton Kes Letda Ckm Fendy Aprilian, Dokter Satgas Letda Ckm dr. Rizky Zulkarnain Ratoputra serta tamtama kesehatan Pratu Suardi.

 

Ketika kedatangan mobil ambulans dari Satgas 734, mereka langsung menghampiri dan meminta tolong kepada Satgas karena ada beberapa warga yang perlu di bantu. 

 

Menurut dokter Satgas, Letda Ckm dr Rizky Zulkarnain Ratoputra pihaknya merasa senang bisa turut membantu mereka terlebih mereka berada pada daerah yang sangat jauh dari fasilitas kesehatan.

 

"Ketika kami melihat salah seorang warga yang kaki kirinya terdapat mata ikan, kami pun tergerak untuk melaksanakan operasi pada kaki tersebut untuk mengangkat mata ikan tersebut agar kaki tersebut bersih dari nanah. Dan beberapa warga lainnya kami berusaha memberikan pertolongan dengan memberikan obat obatan yang di butuhkan sesuai dengan keluhannya dan penyakitnya," kata dokter.

 

Menurut Danton Kes 734, Letda Ckm Fendy Aprilian P, untk di provinsi Maluku Utara, tepatnya di kabupaten Halmahera Utara Desa Soasio, mereka lebih sering terkena penyakit flu, batuk, tekanan darah tinggi.

 

Hal ini mungkin dapat di sebabkan oleh debu yang sering turun dari Gunung Dukono serta cuaca yang sangat panas, di tambah jarang sekali terjadi nya hujan serta mereka sering menkonsumsi makan makanan yang berkadar garam tinggi sehingga penyakit-penyakit tersebut menyerang warga desa halmahera utara tepatnya desa soasio.

 

Dalam satu keluarga terdapat 1 orang yang menderita suspek Stroke ringan dengan ditunjukannya beberapa gejala stroke ringan seperti, sering pusing, cepat lelah, tekanan darah tinggi, muka pucat, hal ini dapat di antisipasi dengan pola hidup sehat dan teratur.

 

Menurut Dansatgas 734, Letkol Inf Edwin Charles, kegiatam ini merupakan bakti sosial yang bertujuan membantu masyarkat pedalaman Halmahera Utara yang tidak memiliki fasilitas kesehatan di desanya.

 

"Kami sebagai TNI sangat mempedomani dan mengamalkan 8 wajib TNI. Santi aji tersebut membuat TNI peduli dengan rakyat. Menolong dengan setulus hati apa yang rakyat butuhkan. Terlebih membantu mereka yang sedang tertimpa rasa sakit. karena sakit bukanlah mereka yang minta, namun sakit merupakan pemberian dari Tuhan YME. Kita pun tidak boleh mengeluh, namun kita dituntut untuk berusaha agar kita tidak menyerah dengan kondisi yang ada," paparnya.

 

Gunung Dukono memang sering sekali mengeluarkan debu hingga akan mengakibatkan infeksi pernapasan (ISPA) untuk mencegah penyakit tersebut kami juga membagikan masker gratis pada warga desa Soasio untuk mengurangi efek dari debu Gunung dukono.

 

"Kami juga memerintahkan tim kesehatan untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada mereka agar mereka bisa terhindar dari berbagai macam penyakit," bebernya.

 

Menurut Sajid (22), sebagai warga desa Soasio kami merasa berterima kasih kepada Satgas 734, yang telah memberikan bantuan kesehatan kepada kami, terutama di desa kami secara gratis.

 

"Semoga kebaikan ini di balas oleh Allah SWT dan Yonif 734 semakin jaya dan sukses," ucapnya.

 

PENREM 152 BABULLAH 

Berita Terkait