Sabtu, 29 Februari 2020 | 16:51:57 WIB

Mendagri Tito Karnavian Butuh Masukan Kreatif dari Bawahannya

Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:54 WIB
Mendagri Tito Karnavian Butuh Masukan Kreatif dari Bawahannya

Mendagri Tito Karnavian saat memimpin apel perdana pasca pelantikan di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2019. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung kepemimpinannya. Hal itu disampaikan Tito saat memimpin apel perdana pasca pelantikan.
 
"Saya butuh masukan, ide-ide kreatif, terobosan kreatif apa pun juga, sepanjang enggak melanggar UUD (Undang-Undang Dasar) 1945," kata Tito di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Mantan Kapolri itu memastikan pasang badan untuk ide-ide kreatif para bawahan. Pejabat Kabinet Indonesia Maju itu siap berkompromi jika terobosan yang diusulkan bertentangan dengan regulasi lawas.

Dia hanya menekankan ide itu memang harus mampu memecahkan masalah sehingga diskresi atau perubahan regulasi bisa dilakukan. Pasalnya, Tito enggan jajaran Kemendagri terjebak pada rutinitas yang mematikan ide.
 
"Cari terobosan, hal yang positif ya kita pertahanakan, tapi yang kurang kita harus berani cari terobosan," kata dia.
 
Tito berharap niatan baik dari bawahannya untuk berpikir di luar kebiasaan. Di minggu awal ini, dia akan menyisir agenda prioritas untuk dua bulan ke depan dengan dibarengi pengumpulan aspirasi dari jajaran Kemendagri.
 
Dia melihat akan ada banyak kebijakan ke depan demi mendukung visi-misi Presiden Joko Widodo dan kinerja kementerian lain. Di sisi lain, Tito mengamanatkan jajarannya bersiap menghadapi agenda Pilkada 2020.
 
"Silakan bekerja, tapi ingat, saya akan membuat terobosan yang kreatif dalam rangka menjaga muruah bangsa dan Kemendagri. Saya ingin Kemendagri yang sudah baik di masa kepemimpinan Pak Tjahjo Kumolo, saya ingin lebih baik, memberikan warna tersendiri yang positif," tandas Tito.

MEDCOM

Berita Terkait