Kamis, 16 Juli 2020 | 22:15:18 WIB

Pemerintah Halsel Sulap Hutan Belantara Jadi Wisata Bergengsi

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 15:01 WIB
Pemerintah Halsel Sulap Hutan Belantara Jadi Wisata Bergengsi

Wisata lokal yang bernuansa Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. (Foto: Lindo/Lensa)

LABUHA, LINDO - Berkunjung ke Halmahera Selatan tapi tidak sempat  berkunjung ke Monumen Saruma (Monas) bagi para wisatawan ketika ke ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan terasa ada yang kurang.

 

Hal ini dapat dianalogikan, bilamana kita mengunjungi Ibu Kota Negara Indonesia  namun tidak sempat berkunjung ke Monumen Nasional (Monas) terasa tidak asik.

 

Lokasi yang dulunya Hutan Belantara kini disulap oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dan  membangun Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Bahrain Kasuba (GBK) serupa dengan Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, kawasan ini menjadi sala satu Icon Daerah yang tak di miliki Daerah lain.

 

Lensapost.id

Napak dari ketinggian lokasi GOR-GBK dan Monumen Saruma (Foto : Lensa/Lindo)

 

Sebuah destinasi wisata bergensi yang didalamnya terdapat Miniatur Jakarta yakni, Monumen Saruma (Monas), Bundaran HI, Taman Mini Indonesia, Istana Merdeka yang didepannya terdapat Air Mancur, dan Gedung MPR/DPR. ketika berkujung terasa kita berada di Jakarata.

 

Selain itu ada juga Menara Ifel, Candi Borubudur, Piramida, Kincir Angin, Kebun bunga Lavender, Taman Anggrek, serta tempat permainan anak-anak, yang dikelilingi taman bunga.

 

Kawasan GOR GBK tak jauh dari pesisir pantai Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan tepatnya berhadapan dengan wisata Posi-posi yang merupakan Usaha Milik Desa Tuwokona, para pengujung bisa menikmati  indahnya sunset  saat Matahri mulai terbenam.

 

Lensapost.id

Pemandangan Pesisir Pantai Tuwokona dengan panorama sanset saat terbenamnya Matahari (Foto : Mud/lensapost.id)

 

Dibalik keindahan senja menujukan malam mulai tiba. Dilokasi GBK pun terlihat lebih eksotis dengan pancaran cahaya hiasan lampu mewarnai disepanjang jalan, serta lampu-lampu yang melingkar diseluruh pohon bambu, membuat pandangan mata yang memukau hingga tak mengalihkan pandang lain.

 

Kawasan GBK ini, menarik minat masyarakat Ibu Kota Labuha dan sekitarnya menjadikan lokasi ini untuk sekedar bersantai dan berfoto bersama sanak saudara dan handaitolan.

 

Ditempat inilah dijadikan lokasi kegiatan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 47 tingkat Provinsi, yang akan berlangsung selasa 22-25 Oktober 2019.

 

lensapost.id

Pengunjung saat memadati Kwasan Monumen Saruma (Monas) di Malma hari (Foto: Lensa/Lindo)

 

Lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat peringati HKG-PKK ke-47 yang dipusatkan di Kawasan GBK mulai ramai dipadati Warga Halmahera Selatan, bahkan dari luar Daerah yang datang bersama sanak keluarga dari sore hingga malam hari.

 

Apresiasi masyarakat  terhadap Pemerintah Daerah pun mulai mengalir. Farhan warga Kayoa saat berkunjung di Kawasan GOR-GBK bersama kawan-kawannya  yang ingin menonton konser Artis Ibu Kota pada acara HKG-PKK ke-47, ia mengapresiasi kepada Pemda Halsel yang sudah meruba wajah Ibu Kota Bacan menjadi lebih bagus, indah dan tertata seperti di Ibu Kota Jakarta.

 

“Ini desain yang luar biasa, Ibu Kota Halmahera Selatan semakin maju, ketika kita berkujung di kawasan GOR GBK serasa kita di Jakarata, kalau bagini torang tarausa pigi (kita tidak harus lagi ) ke Jakarta lia Monas sudah, so ada (sudah ada) di Bacan ini,“ ujar Fahran saat ditemui dilokasi GBK.

 

Lensapost.id

Tempat Peristirahatan Bupati Halsel H. Bahrain Kasuba dan Istri Hj. Nurlela Muhammad.  (Foto: Lensa/Lindo)

 

Fahran juga mengatakan, kawasan GBK yang dijadikan Icon wisata ini sangat berbeda dengan kawasan GBK di Jakarta, karena GBK Halmahera Selatan memiliki udara yang sangat segar, ramah lingkungan sementara GBK di Jakarta folusi udara semakin tnggi.

 

“Saya berharap setelah kegiatan HKG PKK ini selesai, semoga Pemerintah Daerah Halmahera Selatan terus melakukan pengembangan agar wisata makin majun dan selalu emmelihara taman yang sudah dibangun,” harapnya. 

LENSA/ALDY

Berita Terkait