Jumat, 21 Februari 2020 | 08:57:59 WIB

Bangun Postur Kuat, Profesional Dan Modern, Armada RI Membawahi Tiga Armada

Kamis, 5 Desember 2019 | 19:28 WIB
Bangun Postur Kuat, Profesional Dan Modern, Armada RI Membawahi Tiga Armada

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan pembangunan postur yang kuat, profesional dan modern dengan melakukan validasi organisasi. Salah satunya adalah dengan telah disetujuinya di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Komando Armada Republik Indonesia (RI), maka Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada, yakni Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III. 

Hal ini dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hari Armada RI Tahun 2019, di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Kamis (5/12).  

Dengan tema “Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan” ini, hari Armada RI memiliki banyak arti penting bagi segenap prajurit Komando Armada RI dimanapun bertugas. Momen yang khidmat ini harus dimaknai sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Komando Armada RI hingga saat ini masih menjadi pilar TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. 

“Hal ini juga menjadi momentum bagi prajurit matra laut untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Kita selaku generasi penerus Prajurit Jalasena, harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,.

Peringatan Hari Armada kali ini, dilakukan di tiga tempat, yaitu Koarmada I Jakarta yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., Koarmada II Surabaya yang dipimpin oleh Kasal, dan Koarmada III Sorong yang dipimpin oleh Pangkoarmada III Laksda TNI I.N.G. Ariawan S.E., M.M.

Pada peringatan Hari Armada di Surabaya, melibatkan 1.913 personel pasukan upacara, yang terdiri dari satu unit Korsik Lantamal V Surabaya, Kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Perwira Gabungan (Pamen dan Pama) dan Taruna, 1 SSY Gabungan dari Pomal dan Kowal, 1 SSY Bintara dan Tamtama Gabungan dari Koarmada II, 1 SSY Bintara dan Tamtama Gabungan dari Puspenerbal, 1 SSY Bintara dan Tamtama Gabungan dari Marinir, serta 1 SSY Gabungan Pasukan Khusus dan Kompi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Seluruh pasukan upacara tersebut berdiri dengan latar belakang berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL, yaitu unsur KRI dan Ranpur Marinir, di antaranya KRI Diponegoro-365, KRI Bima Suci, KRI Oswald Siahaan-354, 2 unit Helly, 2 unit kendaraan tempur Amfibi Tank BMP-3F dan 2 unit LVT 7, 2 unit Sea Rider Kopaska, 2 unit Randis Kopaska, 2 unit Senjata Pertahanan Udara.

Selain dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun oleh Kasal, kegiatan ini dimeriahkan juga dengan parade dan defile, demo tari kolosal, beladiri militer, serta display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Dalam kesempatan ini pula di Surabaya, Kasal memberikan penghargaan kepada KRI, Lanal dan Lanudal Teladan, yaitu  KRI Tombak-629, Lanal Balikpapan, dan Lanudal Juanda Surabaya. (ARMAN R)

Berita Terkait