Rabu, 22 Januari 2020 | 22:53:31 WIB

Anggota Lanud Suryadarma Latihan Kamhanlan Menanggulangi Serangan Musuh

Rabu, 11 Desember 2019 | 15:05 WIB
Anggota Lanud Suryadarma Latihan Kamhanlan Menanggulangi Serangan Musuh

(FOTO : PENLANUDSDM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk mengingatkan kembali pelaksanaan Prosedur Tetap (Protap) dalam menanggulangi bahaya serangan dari pasukan musuh yang akan mengancam keamanan dan pertahanan Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma.  Anggota Lanud Suryadarma melaksanakan Latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan)  pada semester kedua di wilayah aset Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Jawa Barat, Rabu (11/12).

Gelar latihan yang dilaksanakan sehari tersebut dipimpin Kepala Seksi Keamanan Pertahanan Pangkalan (Kasikamhanlan) Lanud Suryadarma Letkol Pas Yoyok Priambodo dan diikuti oleh seluruh Anggota Lanud Suryadarma dengan tujuan untuk memantapkan personel Lanud Suryadarma dalam memelihara dan meningkatkan ketrampilan dalam mendukung pengamanan wilayah serta untuk menjaga dan mempertahankan aset tanah yang ada di Lanud Suryadarma.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi ini, dibagi menjadi dua kompi dengan skenario latihan kali ini untuk mengamankan Obyek Vital yang Bernilai Strategis Lanud Suryadarma, seperti Mako Lanud, Hanggar Skadron Udara 7, perumahan anggota dan aset yang ada di Lanud Suryadarma. Setelah mendapat pengarahan Kompi pertama berangkat menuju Pos Dadali 2 kemudian belok kanan menuju pagar batas Lanud belakang Hanggar Charlie menuju ke arah desa tanggulun dan berakhir di lapangan berbeda dengan Kompi kedua.

Selanjutnya, Kompi kedua melaksanakan patroli pengamanan pangkalan  bergerak dari Lapangan Dirgantara, Pos Penjagaan POM utama, keluar pagar menyisir batas Lanud dari Gang Mangga masuk dari Pos Penjagaan POM Fasint melintasi Jalan Kalijati Lama menuju Pos Penjagaan POM sebelum Kipan C Yon 461 Paskhas, belok ke kiri melintasi kebun singkong/tebu dan Landasan pesawat menuju Lapangan Tembak.

Kasikamhanlan Lanud Suryadarma Letkol Pas Yoyok Priambodo menyampaikan, latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan ini dilaksanakan secara rutin dan terprogram dengan skenario yang berbeda, dimaksudkan untuk merefresh kembali Protap Basic Millitary dalam menanggulangi segala bentuk ancaman maupun serangan musuh dihadapkan pada situasi dan kondisi apapun.

“Saya berharap dengan latihan Kamhanlan ini, seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), khususnya Lanud Suryadarma, dapat melaksanakan dengan baik dan dituntut untuk mengetahui benar situasi dan kondisi medan yang sebenarnya di wilayah Lanud, sehingga apabila terjadi yang sebenarnya anggota dapat melaksanakan tugasnya dengan benar sesuai dengan protap yang ada,” jelas Letkol Pas Yoyok Priambodo. (ARMAN R)

Berita Terkait