Sabtu, 29 Februari 2020 | 17:42:57 WIB

Prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan Ikuti Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 | 20:51 WIB
Prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan Ikuti Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIII Tarakan mengikuti upacara peringatan Hari Nusantara tahun 2019, di Lapangan Apel Mako Lantamal XIII, Jalan Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (13/12).

Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih S.E selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya upacara yang dihadiri para Asisten Danlantamal XIII, Dandenma Danlantamal XIII Letkol Laut (PM) Widiyanto, Komandan Yonmarhanlan XIII Letkol Marinir Fauzi Safi'i S.AP.,M.Tr.,Opsla dan para Kadis/Kasatker Lantamal XIII.

Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hertarto dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, peringatan Hari Nusantara tahun 2019 ini,  merupakan yang ke-19, sejak pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada tagun 2001 lalu.

Menurut Menko Perekonomian,  peringatan ini bertujuan menggaungkan kembali semangat perjuangan para bapak bangsa dan pahlawan kita dalam mewujudkan keutuhan NKRI yang pertama kali dicetuskan dalam " Deklarasi Djoeanda" pada tanggal 13 Desember 1957.

Pengakuan sebagai Negara Kepulauan  lanjut Airlangga,  mengandung filosofi yang sangat mendasar walaupun tidak serta merta, bahkan mendapat tantangan dari negara-negara besar di dunia.

"Untuk memperingati peristiwa penting tersebut, pada tahun 2001 presiden Megawati Soekarnoputri mengeluarkan surat keputusan no. 126 tahun 2001 yang menetapkan setiap tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara," terangnya. (ARMAN R)

Berita Terkait