Kamis, 09 Juli 2020 | 19:01:43 WIB

AMBI Desak DPR RI Minta Presiden Cabut Moratorium Pemekaran Wilayah

Selasa, 17 Desember 2019 | 13:37 WIB
AMBI Desak DPR RI Minta Presiden Cabut Moratorium Pemekaran Wilayah

(FOTO : AMBI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Bima Indonesia (AMBI) mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencabut Moratorium (penghentian sementara) pemekaran wilayah, khususnya pemekaran wilayah Pulau Sumbawa menjadi Propinsi Pulau Sumbawa lepas dari Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“AMBI akan melakukan aksi secara masif ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Istana Negara, serta komisi II DPR RI, meminta pemerintah segera mencabut moratorium pemekaran wilayah, agar Propinsi Pulau Sumbawa yang sudah proses tahap akhir, tinggal menunggu pencabutan moratorium pemekaran wilayah, untuk segera dimekarkan,” kata Ketua Umum (Ketum) DPP AMBI Yusri Albima kepada Lindo, di DPR RI, Jakarta, Senin (16/12).

Pihaknya lanjut Yusri, akan mengawal proses ini sampai tuntas, karena pemekaran ini diperlukan sekali untuk membangun Pulau Sumbawa ini lebih baik dari yang sudah - sudah.

Yusri menjelaskan, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki dua pulau, yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa. Pulau Lombok maju terbangun sedemikian baik, tapi Pulau Sumbawa tertinggal.

“Kami ingin merasakan kemajuan dan memajukan pulau Sumbawa, sehingga dibutuhkan pemekaran propinsi, karena sulit juga Gubernur NTB yang berpusat di Mataram untuk mengontrol kondisi masyarakat di Bima, Dompu dan Sumbawa,” ungkap Yusri.

Sudah berjalan 19 tahun tambah Yusri, pihaknya berjuang agar Pulau Sumbawa menjadi Propinsi terpisah dari propinsi NTB.  Menurutnya, Pulau Sumbawa layak jadi propinsi karena mempunyai kekayaan alam yang sedemikan rupa, dengan pemekaran bisa dimaksimalkan untuk pembangunan daerah.  Pulau Sumbawa sudah memenuhi syarat sebagai propinsi, proses sudah berlangsung lama dan persyaratan sudah dipenuhi, dan hanya terkendala karena moratorium pemekaran wilayah.

Pada kesempatan yang sama, Hj Nurhaidah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) turut mendukung perjuangan AMBI dan unsur lainnya, agar moratorium pemekaran wilayah ini segera dicabut dan pemekaran Propinsi Pulau Sumbawa bisa terwujud.  

Panglima AMBI Syarif, juga mengajak masyarakat Pulau Sumbawa agar bersama – sama berjuang, yang sudah menjadi agenda kita bersama, mewujudkan propinsi Pulau Sumbawa.

ARMAN R

Berita Terkait