Selasa, 29 September 2020 | 01:21:59 WIB

Kunker Menhan RI Ke Perancis, Tandai 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI – Perancis

Selasa, 14 Januari 2020 | 18:42 WIB
Kunker Menhan RI Ke Perancis, Tandai 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI – Perancis

(FOTO : HUMASKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Perancis yang telah terjalin selama 70 tahun, ditandai dengan Kunjungan Kerja (Kunker) tingkat tinggi pertama Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto ke Paris, Perancis.

Sebagai mitra strategis, hubungan kedua negara telah berjalan dengan baik dan membuka peluang besar untuk meningkatkan kerja sama pertahanan. Saat menginjakkan kaki di Kantor Kemhan Perancis, Senin (13/1), Menhan RI disambut dengan Upacara Penghormatan Militer oleh Menhan Perancis Florence Parly.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menhan membahas upaya untuk mempererat kerja sama pertahanan kedua negara diantaranya upaya untuk memperkuat sistem Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan memajukan industri pertahanan nasional.

Sebagai upaya memperkuat kerjasama pertahanan dalam bidang industri pertahanan, Menhan RI berkesempatan melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah perusahaan industri Perancis.

Kepada pelaku industri pertahanan Perancis, Menhan RI berharap akan terjalin kerjasama dalam mengekselerasi kemajuan industri pertahanan di Indonesia serta penguatan sistem alutsista TNI melalui transfer teknologi, peningkatan penggunaan kandungan lokal dan juga peningkatan kapasitas SDM.

Menhan RI juga berharap, kedua negara dapat berkolaborasi untuk menjadikan Indonesia sebagai bagian dari kunci produksi global dalam produk Alutsista. (ARMAN R)

Berita Terkait