Rabu, 01 April 2020 | 07:52:50 WIB

Danlanud Dan Umat Kristiani Lanud Suryadarma Hadiri Acara Natal Bersama

Kamis, 16 Januari 2020 | 18:05 WIB
Danlanud Dan Umat Kristiani Lanud Suryadarma Hadiri Acara Natal Bersama

(FOTO : PENLANUDSDM/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Komandan Pangkalan Udara (Lanud)  Suryadarma  Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc dan seluruh umat Kristiani Lanud Suryadarma, Wingdiktek, Wingdekkal dan Kipan C Yonko 461 Paskhas serta umat Nasrani Kalijati dan sekitarnya, menghadiri acara Natal bersama, yang dilaksanakan di gereja Equimene Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat, Rabu (15/1).

Dalam sambutannya, Komandan Lanud (Danlanud)  Suryadarma menyampaikan harapannya, semoga perayaan Natal  membawa persahabatan, kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi semua umat manusia. Selain itu  dapat memberikan semangat dan harapan baru bagi seluruh masyarakat dalam membangun daerah, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tema Perayaan Natal Nasional tahun 2019 adalah :Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” dan sub temanya adalah “Dengan Suka Cita Natal Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga Dan PNS Tni Untuk Tetap Tegaknya Kesatuan Dan Persatuan Bangsa”.

“Tema ini memiliki pesan dan makna yang dalam, karena situasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara saat ini yang penuh dengan dinamik, bahkan oleh persaingan dan konflik yang masih saja terjadi,” ujar Marsma TNI  I Wayan Sulaba. 

Ia mengharapkan, dalam suasana Natal sebagaimana yang dirasakan umat kristiani saat ini, adalah suasana damai dan penuh kerukunan. “Hal ini sesungguhnya menjadi cita-cita kita semua untuk menciptakan suatu tata dunia yang damai, adil, dan harmonis sehingga umat manusia akan hidup dengan penuh persaudaraan dan saling mencintai,” himbau Alumni AAU 1989 ini.

Pada acara Natal tersebut, ketua panitia Gerardus Maliti, S.Sos, M.Si mengatakan, kita juga harus bersabat dengan alam. Karena hubungan persabatan dengan manusia adalah yang utama.

“Namun  kita sekarang kurang bersahabat dengan alam. Ini kita bisa lihat terjadi bencana banjir kalau musium hujan dan terjadi kebakaran saat musim kering,” ujar Gerardus Maliti.

Dalam perayaan Natal Lanud Kalijati  tahun 2019 ini, juga dilakukan ibadah, dengan Pengkhotbah Ibu Pendeta Novita Rijani Matoneng, S.Th. dalam khotbah tentang ketaatan TNI dalam melaksanakan  Saptamarga adalah wajib hukumnya. “Semoga TNI menjadi banteng negara Indonesia, dalam menjaga dan menegakan kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Pendeta Novita kepada para jemat yang hadir.

Selain itu, Romo Michael Gratia, Pr dari paroki Kristus Sang Penebus Subang, memberikan pesan Natal tentang pentingnya hubungan alam dengan manusia, manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan.  “Ini semua kalau berjalan dengan baik, maka akan membawa hubungan yang harmonis dalam kehidupan kita,” himbaunya. (ARMAN R)

Berita Terkait