Sabtu, 22 Februari 2020 | 14:18:51 WIB

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Kawal Latihan Perang di Malang Selatan

Selasa, 21 Januari 2020 | 10:41 WIB
Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Kawal Latihan Perang di Malang Selatan

(Foto: Yosafat RH/Menbanpur 2 Marinir/Lindo)

MALANG, LINDO - Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) dilibatkan dan diintegrasikan dalam latihan LPD/LPK TW I Tahun 2020 dalam rangka pergeseran pasukan dari Kesatrian Marinir Soetadi Senaputra, Karangpilang Surabaya.Senin (20/01/2020), menuju daerah latihan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Purboyo, Malang Selatan.

Keterlibatan Yon POM 2 Mar dalam latihan tersebut dimulai saat melaksanakan voorijder pengawalan pergeseran pasukan dari homebase Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang Surabaya menuju daerah latihan Puslatpur Purboyo menggunakan voorijder pengawalan kendaraan bermotor dari Yon POM 2 Mar.

Menurut Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Marinir Afin Dudun Abisantha, S.E.,M.M.,M.Tr.Hanla, hal tersebut secara tidak langsung merupakan salah satu materi latihan pemantapan fungsi Kepolisian Militer di antaranya Latihan Patroli dan Pengawalan, Pengamanan Objek Vital, Yudha Kelana dan Pengurusan Tawanan Perang (Rustaper).

Disampaikan pula dalam pelaksanaan voorijder pengawalan tersebut sudah diatur di dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan khususnya pasal 134 dan pasal 135 tentang konvoi kendaraan bermotor.

Untuk itu pihaknya menghimbau agar para anggota yang sedang melakukan tugas pengawalan agar tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan.

"Kalau kita mengawal sesuaikan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada agar selalu berhati-hati dan tidak usah cepat-cepat atau ugal-ugalan, selalu utamakan keselamatan dan hormati pengguna jalan yang lain serta ikutilah prosedur dan peraturan mengawal yang sudah diberikan kepada setiap anggota," tegasnya.

Yosafat RH/Menbanpur 2 Marinir

Berita Terkait