Jumat, 28 Februari 2020 | 16:24:30 WIB

Antisipasi Bencana, Lanud Suryadarma Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Senin, 27 Januari 2020 | 16:34 WIB
Antisipasi Bencana, Lanud Suryadarma Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

(FOTO : PENLANUDSDM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Guna mengatisipasi berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia, terutama di wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka), Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam, yang dipimpin oleh Komandan Lanud (Danlanud) Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc, di Apron Baseops Dinas Operasi Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat (Jabar), Senin (27/1/20). 

Apel siaga Lanud Suryadarma ini, menyiapkan Pasukan Tim Reaksi Cepat (PTRC) dan pasukan lainnya, terdiri dari berbagai macam unsur yang siap digerakkan apabila terjadi bencana. Unsur yang dimaksud, meliputi Unsur Kesehatan, Penerangan, Pengamanan Terbuka, Pengamanan Tertutup, Fasilitas Pemeliharaan, Angkutan, Search and Resque (SAR), Pelayanan Personel dan Dukungan Operasi Penerbangan.

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya menyampaikan, tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI), menurut Undang-Undang (UU) Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satunya yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Bentuk OMSP TNI diantaranya adalah membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan. 

“Kesiapsiagaan TNI, khususnya dalam operasi penanggulangan bencana harus dipelihara dengan menyelenggarakan latihan secara periodik dan terukur sejak mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi, di kawasan bencana sebagai bagian dari manajemen bencana,” terang Marsma TNI I Wayan Sulaba saat memeriksa peralatan SAR.

Menurutnya, tugas SAR adalah tugas yang penuh resiko dalam memberikan bantu dan menyelamatkan korban. Lakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Selain itu, tugas ini adalah tugas yang mulia dimana kita bisa membatu dengan maksimal kepada saudara kita yang membutuhkan pertolongan.

Melalui apel siaga bencana ini kata Danlanud, menjadi sarana untuk berkoordinasi dan meningkatkan kapasitas sarana prasarana dan logistik dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana. “Dengan selesainya apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini, dapat saya nyatakan bahwa Lanud Suryadarma siap untuk melaksanakan tugas perbantuan penanggulangan bencana alam,” ujar Danlanud Suryadarma.

Dalam kesempatan itu juga, dilakukan pemeriksaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan, seperti perahu karet, pelampung, helm, dayung, gergaji mesin, tambang, sekop, senter, sepatu boots hingga kendaraan khusus seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, truk, mobil kawal, mobil Meteorologi dan VCP (Vehicle Mobile Post). (ARMAN R)

Berita Terkait