Selasa, 26 Mei 2020 | 04:56:57 WIB

Unhan Dies Natalis Ke-11 Dan Mewisuda 365 Mahasiswa Pascasarjana (S2)

Rabu, 11 Maret 2020 | 14:33 WIB
Unhan Dies Natalis Ke-11 Dan Mewisuda 365 Mahasiswa Pascasarjana (S2)

(FOTO : ARMAN/LINDO)

BOGOR, LINDO - Universitas Pertahanan (Unhan) mengadakan Dies Natalis ke 11 sekaligus mewisuda sebanyak 365 orang mahasiswa Unhan Program Pascasarjana Magister llmu Pertahanann yang telah dinyatakan Iulus, di gedung Aula Merah Putih Kampus Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/3). 

Rektor Unhan Letjen TNI Dr.Tri Legionosuko S.I.P dalam sambutannya mengatakan, lulusan Unhan adalah Kader Bela Negara, dan menjadi alumni Unhan merupakan suatu kebanggaan, menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dibidang pertahanan, harus mampu memaknai diri sendiri dan memiliki added value, sehingga menjadi Defence Human Capital. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa alumni Unhan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk berkontribusi dan berperan serta dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. 

Wisudawan/Wisudawati dari empat fakultas yaitu Fakultas Strategi Pertahanan 172 orang, Fakultas Manajemen Pertahanan 63 orang, Fakultas Keamanan Nasional 78 orang dan Fakultas Teknologi Pertahanan sebanyak 52 orang. 

Pada kesempatan wisuda kali ini, Unhan juga meluluskan wisudawan negara sahabat yang berasal dari Zimbabwe sebanyak 2 orang, Cina 1 orang, Arab Saudi 1 orang, India 1 orang, dan Philipina 1 orang. Adapun komposisi wisudawan pada periode ini terdiri dari 87 orang TNI AD, 35 orang TNI AL, 37 orang TNI AU, 2 orang Polri, 11 orang PNS, 187 orang umum dan 6 orang mahasiswa asing. 

Kondisi ini mengisyaratkan bahwa alumni Unhan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk berkontribusi dan berperan serta dalam proses pembangunan bangsa dan diplomasi pertahanan di dunia intemasional.

Dari 62 mahasiswa yang lulus ini, 9 orang diantaranya mendapat predikat lulus dengan pujian atau Cum Laude dari program studi Strategi Perang Semesta FSP Unhan. 

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M yang hadir dalam acara tersebut, dalam sambutannya menyampaikan, perayaan Dies Natalis atau hari lahir Unhan yang ke-11 melalui perayaan dies natalis ini, selain bentuk rasa syukur, tentunya harus dijadikan momentum untuk terus evaluasi diri serta berefleksi bagi perjalanan dalam pencapaian visi dan misinya merupakan universitas yang berstandar kelas ujian dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Untuk itu, ia mengajak segenap civitas akademika untuk terus meningkatkan kualitas demi pengembangan Unhan.

"Saya juga menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi ini. Saya berharap setelah ini wisudawan-wisudawati dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari Tuhan untuk kepentingan bangsa dan negara. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada keluarga wisudawan-wisudawati yang turut tentunya ikut ambil dalam mengantarkan keberhasilan wisudawan-wisudawati sampai lulus sebagai lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi A saudara sekalian memiliki tanggung jawab besar untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada bidang tugas masing-masing," ucap Sakti Wahyu Trenggono.

Ia yakin, mahasiswa yang lulus ini, mampu menjawab tantangan tersebut itu hanya dapat diatasi dengan baik apabila lulusan Unhan memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme Yang tinggi Ilmu yang telah diperoleh dapat diaplikasikan di masyarakat dan selalu berusaha meningkatkan kompetensi dan kinerja sehingga dapat membangun kekuatan pertahanan negara untuk menangkal ancaman ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara yang didalamnya termasuk mewujudkan proyeksi kader bela negara sesuai induk pembinaan kesadaran bela negara.

Menurutnya, Unhan diusianya yang ke-11 tahun telah mengukuhkan diri sebagai Kampus Bela Negara dan tahap berupaya mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi yang berstandar kelas dunia (World Class Defense University) di Tahun 2024. 

Hal ini kata Wamenhan, sesuai dengan harapan Kemhan sebagai pembina fungsi, bahwa alumni yang dihasilkan Unhan tidak hanya mampu berflkir dan bertindak sesuai dengan bidang Keilmuan yang telah ditempuh, tetapi juga diharapkan memiliki karakter dan wawasan kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Bela Negara, memiliki ide dan jiwa nasionalis yang kuat serta berintegritas. 

Secara akreditasi, Peringkat “A” yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, membuat Unhan makin percaya diri untuk berkembang dan memacu diri ke arah yang lebih baik. Di tingkat fakultas/prodi, sudah ditetapkan 10 program studi Terkareditasi “A” dan 2 program studi Terakreditasi “B”. 

Dalam bidang kerjasama, Unhan telah menjalin kerjasama dengan 58 Perguruan Tinggi (PT), baik negeri maupun swasta serta PT di luar negeri, 27 Pemerintah Daerah (Pemda) provinsi/kota/kabupaten, kementerian/Lembaga 11 institusi, Trimatra 5 institusi, perusahaan swasta dalam dan luar negeri 10 badan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Strategis sebanyak 9 perusahaan. Kerjasama yang dijalin, meliputi penelitian, penyediaan dosen ahli, pengiriman mahasiswa untuk praktek lapangan dan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam penyelenggaraan wisuda inipun disampaikan pula orasi ilmiah oleh Mayjen TNI (Pum) Dr. Saiful Anwar, M.Bus.  Acara Wisuda dihadiri Wamenhan, tamu undangan pejabat Eselon l di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, beberapa Duta Besar Negara Sahabat, perwaklilan KementerianlLembaga, Perwakilan Perguruan Tinggi, Para Wakil Rektor I, ll dan III Unhan, Para Guru Besar Unhan, Dewan Pembina Unhan, para mantan Rektor Unhan, Para pejabat di lingkungan Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Senat Akademik Unhan, Para Athan Negara Sahabat, para wisudawan dan wisudawati yang didampingi dengan keluarga wisudawan dan wisudawati, serta para undangan lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait