Sabtu, 06 Maret 2021 | 11:33:21 WIB

SMK KAL-1 Keluarkan Jurus Pamungkas Hadapi UNBK

Minggu, 15 Maret 2020 | 10:57 WIB
SMK KAL-1 Keluarkan Jurus Pamungkas Hadapi UNBK

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pelaksanaan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK ) bagi sekolah tingkat SMK sebentar lagi akan berlangsung. Berbagai cara di tempuh untuk menggapai nilai UNBK yang maksimal.

SMK KAL-1 Surabaya tidak lepas dari itu. Sekolah di bawah Yayasan hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya ini, melaksanakan kegiatan keagamaan  Istighosah dan Do’a bersama khusus bagi 248 siswa Kelas XII semua jurusan,  yang berlangsung di Masjid Baitul ‘Ilmi SMK KAL-1 Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat (13/3/20), dipimpin Ustadz Choirul Umam, S.Pd yang kesehariannya sebagai Guru Agama Islam. 

Sedangkan  yang beragama Non Muslim (Kristen/ Protestan), sebanyak 3 siswa melaksanakan Do’a Bersama di dalam kelas yang sudah di tentukan di pimpin langsung  oleh Pastor Agustinus Hary M.SE., M.Th yang juga sebagai guru agama (Kristen/ Protestan ). Sementara yang beragama Hindu/Buddha 1 siswa  dipimpin oleh I Ketut Pastika S.Pd., M.Si di Ruang UKS .

Kegiatan keagamaan merupakan jurus pamungkas setelah selama tiga tahun mereka mendapat  berbagai ilmu pengetahuan,  istighosah dan do’a bersama merupakan program tahunan yang selalu dilaksanakan oleh sekolah tersebut dengan harapan akan semakin membuka lebar-lebar jalan  kesuksesan program sekolah, khususnya dalam pelaksanaan UNBK. Dengan kata lain  harapan dari seluruh managemen sekolah  hasil UNBK yang akan dilaksanakan mulai hari Senin (16-19) Maret dapat berjalan lancar dan hasil yang maksimal.     

Sebelum istighosah, Ustadz Khoirur Rozi, S.Pd menjelaskan, makna Istighosah yang akan mereka lakukan.  Menurutnya, Istighotsah sebenamya sama dengan berdoa, akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. 

"Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu," terang Ustadz Khoirur Rozi.

Sesi tausiah kedua disampaikan oleh Kepala Program Teknik Pemesinan  Muh Munif, S.Pd, kemudian baru dilaksanakan sholat Dhuha berjama’ah sebanyak 2 raka'at. Istighosah dan do’a bersama dipimpin oleh guru agama islam Choirul Umam, S.Pd.

Hadir ditengah-tengah siswa, Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristianto, M.Si, Waka bidang Kurikulum Munawar, S.Pd serta sejumlah  guru wali kelas  XII semua  jurusan yang ada di SMK KAL-1, terdiri dari jurusan Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Video Audio (TAV).  

Kepala Sekolah menyempatkan diri memberi pengarahan kepada siswa yang hadir, dengan harapan seluruh siswa kelas XII, setelah menuntut ilmu hampir tiga tahun di bangku SMK KAL-1, mereka kelak dapat melanjutkan ke jenjang  yang lebih tinggi, baik yang akan melanjutkan kuliah atau mencari lapangan kerja. 

"Kami juga berharap mereka bisa memberikan kebanggaan kepada sekolah dan kedua orang tua, juga dengan diadakan do’a bersama dalam istighotsah ini di harapkan siswa-siswi tidak hanya siap menghadapi  materi/ soal USBN  saja saat berlangsungnya  ujian, akan tetapi juga siap secara mental," harap Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristianto.

Kepala Sekolah pada kesempatan sebelumnya, telah melaksanakan penyerahan hadiah pemenang lomba “Kuis Pelajar” dalam rangka Hut Dharma Pertiwi Ke-56 tahun 2020 yang berlangsung di Mako Kodam V Brawijaya, Siswa SMK KAL-1 atas nama Alvin Deriz Cavalera  keluar sebagai juara 2 dan akan mewakili Surabaya di ajang Kuis Pelajar yang akan berlangsung 8 April di Jakarta. 

Piala hasil kejuaraan tersebut diserahkan dari Kepala Sekolah SMK KAL-1 kepada orang tua siswa, Ibu Deri Tiara Utami yang dengan sengaja dihadirkan dihadapan siswa saat berlangsung apel pagi yang berlangsung di halaman sekolah. (ARMAN R)

Berita Terkait