Kamis, 16 Juli 2020 | 10:21:04 WIB

Tindak Lanjut Keputusan Presiden, Bupati Sula Keluarkan 17 Instruksi Pencegahan Penyebarang Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 | 14:38 WIB
Tindak Lanjut Keputusan Presiden, Bupati Sula Keluarkan 17 Instruksi Pencegahan Penyebarang Covid-19

Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes saat membaca Instruksi Bupati terkait Pencegahan Penyebaran Virus Corona bersama jajaran SKPD dihalaman Istana Daerah, Kabupaten Kepulauan Sula, Selasa (24/03/2020). (Foto: Imelda/Lindo)

KEPSUL, LINDO - Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes mengeluarkan Instruksi Bupati terkait Pencegahan Penyebaran Virus Corona. Instruksi ini dibacakan langsung Hendrata bersama jajaran SKPD dihalaman Istana Daerah (Isda), Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Selasa pagi (24/03/2020).

Instruksi Bupati Kepulauan Sula Nomor 01/2020 yang berisi 17 butir instruksi yang konsiderannya adalah:

1. Keputusan Presiden No. 7/2020 tentang Gugus Percepatan Penanggulan Virus Corona.

2. Surat Edaran Menkes RI No: HK.02.02/menkes/56/2020 tentang penetapan status virus Covid-19 oleh WHO sebegai darurat kesehatan global yang sudah menjadi pandemik.

3. Surat Edaran Menpan RI No. 19/2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan instansi Pemerintah.

4. Surat Edaran Mendagri RI No. 440/2436/SC tentang pencegahan Virus Corona di Lingkungan Pemerintahan Daerah.

5. Maklumat Kapolri No. MAK/23/3/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan Penyebaran Virus Corona.

6. Keputusan Bupati No. 62/2020 tentang gugus tugas percepatan virus Corona di Kabupaten Kepulauan Sula.

Instruksi Bupati Sula ini ditujukan kepada, Pimpinan OPD, Para Camat, Para Camat, Para Kepala Sekolah TK/SD/SMP/dan Sederajat dan seluruh masyarakat se-Kabupaten Kepsul.

17 butir Instruksi Bupati Sula sebagai berikut:

1. Meliburkan Siswa/i TK/SD/SMP dan sederajat untuk belajar dirumah atas petunjuk Guru dan pengawasan orang tua, terhitung 24 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

2. Menutup sementara Tempat Hiburan malam, Caffe dan lain-lain, Rumah makan (Pesan antar atau tidak makan ditempat), Kegiatan Turnamen Olahraga dan Tempat Wisata sampai batas waktu yang belum ditentukan.

3. Meniadakan sementara Kegiatan Apel pagi. Upacara dan senam pagi untuk semua instansi pemerintah.

4. Dilarang menggelar Pesta, acara keramaian, dan berkumpul ditempat-tempat santai, selama status darurat kesehatan belum dicabut oleh pemerintah pusat.

5. Bagi ASN Pemda Kepsul sejak tanggal 24 Maret 2020 melakukan aktivitas kantor di rumah dengan menggunakan aplikasi social media, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

6. Seluruh pejabat daerah dan ASN Kepsul untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah baik ke provinsi dan keluar provinsi Maluku Utara.

7. Pemda menjamin kepastian pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

8. Pemda memastikan untuk menjamin ketersediaan pangan dan kestabilan harga sembako.

9. Para pengusaha yang menjual Sembako dan Peralatan kesehatan, Apotik dilarang menimbun dan menaikan harga yang tidak terjangkau oleh masyarakat.

10. Pemda menjamin dan memastikan system dan moda Transportasi lokal dan regional akan berjalan dengan lancar dan aman selama belum ada kebijakan lockdown, namun pada kondisi darurar akan diambil langkah-langkah strategis demi kebaikan bersama.

11. Menghentikan sementara TKA untuk masuk ke Kepsul.

12. Memerintahkan kepada camat untuk turut serta mengawasi para kades dalam mensosialisasikan pencegahan virus corona.

13. memerintahkan kepada kepala desa untuk ikut serta menjaga masyarakat di Desa dan mensosialisasikan oencegahan virus corona.

14. Kepada warga masyarakat agar tidak menyebarkan infomasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau hoax terkait virus corona yang bisa menimbulkan kepanikan.

15. Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan keluar daerah wajib melaporkan riwayat perjalanannya kepada tim posko gugus tugas percepatan penanganan virus corona kabupaten kepsul.

16. Instruksi ini wajib dilaksanakan dengan penuh keasadaran dan jika tidak diindahkan maka dilakukan tindakan sesuai hukum dan oerundang-undangan yang berlaku.

17. Instruksi ini mulai berlaku sejak tanggak ditetapkan, Sanana 24 Maret 2020.

IMEL

Berita Terkait