Sabtu, 04 April 2020 | 01:41:53 WIB

Pencegahan Virus Covid-19 Di Lakukan Tim Di Pelabuhan Halut Pada Penumpang Yang Berasal Dari Manado

Rabu, 25 Maret 2020 | 09:04 WIB
Pencegahan Virus Covid-19  Di Lakukan Tim Di Pelabuhan Halut Pada Penumpang Yang Berasal Dari Manado

Foto Jefri Lindo Halut Saat Memantau Situasi Di Pelabuhan Penyebrangan Tobelo

Lindo Halut - Bergeraknya Tim Satgas Virus Corona (Covid-19) Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Halmahera Utara (Halut) terus melakukan pemantauan demi pencegahan masuknya Virus Corona (Covid-19) dipintu masuk bagi penumpang yang berdatangan di Kabupaten Halut.


Demi Mencegah Masuknya Virus Corona (Covid-19) di Wilayah Halmahera Utara, Pemerintah terus melakukan pemantauan penumpang yang berdatangan.


Hal ini yang di lakukan tim satgas Covid -19 Pemda Halut yang di koordinir langsung oleh Asisten Bupati Bidang Ekonomi dan Pembamgunan Yudihart Noiya serta terlibat di dalamnya TNI-Polri, KPLP Tobelo, Palang Merah Indonesia (PMI) Halut, dan juta tim kesehatan Rumah Sakit Bethesda dan Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo, yang melakukan pemantauan dan mengecekan kesehatan bagi penumpang KM. Sunlia yang baru tiba dari Manado Provinsi Sulawesi Utara di Pelabuhan Tobelo malam tadi Selasa (24/3/20). 


Atas instruksi Pemerintah Daera (Pemda)  Kabupaten Halmahera Utara (Halut),  pemeriksaan secara masif yang di lakukan terkait dengan pencegahan Virus Corona, terhadap 88 penumpang dan 16 Anak Buah Kapal (ABK)  KM. Sunlia yang baru tiba, untuk mengantisipasi masuknya Virus Carono (Covid - 19) melalui orang yang memiliki riwayat perjalanan di daerah yang sudah terpapar Virus Corona itu.


Tindakan yang di lakukan oleh tim medis satgas dengan penyemprotan DISINFEKTAN serta mengukur suhu tubuh dengan alat pendeteksi suhu tubuh bagi setiap penumpang yang baru tiba dari manado dengan Km Sunlia yang turun di dermaga Tobelo. 


Selain itu, kordinator Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Ydihart Noiya jelaskan, langka yang di lakukan ini untuk sebagai bentuk Pencegahan penyebaran Covid - 19 di masyarakat Halmahera Utara," jelasnya. 


Menurutnya, kegiatan yang lakukan tim satgas Pemantauan dan Pencegahan Kesehatan bagi para penumpang serta juga Anak Buah Kapal KM. Sunlia ini,  tidak di temukan gejala gejala menunjukan terjangkitnya Covid-19, dan dari hasil pemantauan dan pencegahan tidak menemukan  baik di penumpang maupun ABK gejala gejala Covid-19," ungkapnya. 


Kemudian lanjut dia, oleh tim satgas kegiatan yang di lakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan untuk virus covid-19 Pemda Halut bagi masyarakat yang datang dari luar daerah dan yang akan masuk ke Kabupaten Halmahera Utara baik melalui jalur Laut, Darat dan Udara akan terus di lakukan pemantauan dan pengecekan hingga waktu yang tidak di tentukan,"tuturnya. (jef)  

Berita Terkait