Rabu, 27 Mei 2020 | 10:35:28 WIB

Pemda Halut Kembali Bangun Hubungan Baik Dengan PT NHM

Jum'at, 27 Maret 2020 | 13:42 WIB
Pemda Halut Kembali Bangun Hubungan Baik Dengan PT NHM

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Halmahera Utara, Jefry Hoata. (FOTO: PWI HALUT/LINDO)

TOBELO, LINDO - Pasca PT Indotan Halmahera Bangkit (Indotan) resmi menguasai saham PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Pemda Halut) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mulai membangun sinergitas.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Halmahera Utara, Jefry Hoata, pada Kamis (26/03/2020) kemarin.

"Hasil pembicaraan yang intensif dengan Presiden Direktur PT. Indotan, H. Robert Nitiyudo, dan beliau berkomitmen memprioritas putra daerah untuk bekerja di perusahan PT. NHM," ujarnya.

Menurut Jefry, dalam pertemuan tersebut, Presdir, H. Robert Nitiyudo juga menegaskan akan menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah kabupaten Halmahera Utara karena selama ini hubungannya sedikit renggang dengan Newcrest.

"Bahkan bupati juga sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Presiden Direktur tetang pengembangan PT. NHM dan hasilnya sangat positif." katanya.

Dia juga mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan penandatangan Momerendum Of Understanding (MoU) antara pihak PT. NHM dan Balai Latihan Kerja (BKL) Ternate dalam rangka pelatihan di bidang keahlian angkatan kerja masyarakat di lingkar tambang.

"Sebenarnya draf MoU sudah jadi, tetapi karena ada Virus Corona maka ditunda dulu. Selain itu, NHM juga dituntut akan melatih tenaga kerja," ungkapnya.

Jefry menambahkan dalam rekrutmen karyawan akan mengacu pada memaksimalkan masyarakat lingkaran tambang yang punya keahlian dipriorotaskan kemudian dalam pengelolaan CSR, Presdir menginginkan agar masyarakat dapat menggunakan pola Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tujuan bisa mengatasi pengangguran.

"Presdir menginginkan agar masyarakat dapat menggunakan pola Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tujuan bisa mengatasi pengangguran termasuk mengelola dana CSR," paparnya.

Jefry mengungkapkan untuk logistik makanan para karyawan PT. NHM, seperti sayur-sayuran, ikan, daging dan buah-buahan harus diambil dari daerah sekitar tambang atau daerah Halut maupun Malut agar petani dan nelayan bisa diberdayakan.

"Pak Robert juga menginginkan agar logistik makanan para karyawan PT. NHM, seperti sayur-sayuran, ikan, daging dan buah-buahan akan diambil dari daerah sekitar tambang atau daerah Halut maupun Malut agar petani dan nelayan bisa diberdayakan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Presdir PT. Indotan berkeinginan agar ada beberapa sumber deposit emas dibuka sehingga lapangan kerja juga terbuka.

'Kami berharap PT NHM terus produksi hingga 20 tahun kedepan," sebutnya.

Karena itu, Pemda Halmahera Utara kata Jefry sangat berterima kasih dengan Presdir PT. Indotan yang telah membangun komunikasi yang baik dengan Pemda Halmahera Utara.

"Kami berharap sinergitas PT. NHM dengan Pemda Halut selalu berjalan dengan baik," tutupnya.

MAN/FAISAL

Berita Terkait