Rabu, 27 Mei 2020 | 09:23:10 WIB

Satu Pasien Dalam Perawatan Asal Halut Dirujuk Ke RSUD Hasan Bosoirie Ternate

Jum'at, 27 Maret 2020 | 13:28 WIB
Satu Pasien Dalam Perawatan Asal Halut Dirujuk Ke RSUD Hasan Bosoirie Ternate

Satu orang pasien PDP sedang dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Basoeri Ternate. (FOTO: JEFRI/LINDO)

HALUT, LINDO - Tim Satgas Penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dalam penanganan masalah virus tersebut dan selalu menyampaikan perkembangan hasil yang meningkat di Kabupaten Halut.

Pada Kamis malam (26/03/2020), oleh Tim Satgas penanganan bahwa, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di kabupaten Halmahera Utara terus meningkat diantaranya.

1. 132 orang (ODP)
2. 1 orang (PDP)

Sementara itu, pasien PDP hingga saat ini telah di rujuk ke Rumah Sakit Hasan Basoeri untuk di lakukan penanganan secara intensif. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Pemda Kabupaten Halmahera utara, Drs Deky Tawaris yang juga selaku Kordinator Publikasi dan Kehumasan Tim Satgas Covid-19 Pemda Halut mengatakan bahwa, saat ini Halut sudah ada 1 pasien dalam pengawasan dan telah dirujuk ke RS Hasan Basoeri Ternate.

"Tapi sebelumnya pasien tersebut telah di tangani dan di rawat di rumah sakit umum Tobelo," jelasnya. 

Deky mengakui bahwa Halut sudah ada satu orang PDP yang berjenis kelamin laki-laki usia (70) tahun, pasien mengalami sesak napas dan demam dan pasien tersebut memiliki riwayat bepergian dari Manado.

"Saat ini yang bersangkutan telah di rujuk ke RS Hasan Basoeri untuk mendapat penanganan secara Intensif," ujarnya saat dihubungi via telepon.

Hingga saat ini kondisi pasien masih mengalami sesak napas namun yang bersangkutan sudah menjalani rangkaian pemeriksaan hingga ke pemeriksaan spesimen mengambil sampel.

"Kami masih tunggu hasil lab seperti apakah positif Covid-19 atau negatif," ungkapnya. 

Menanggapi hal ini pemerintah daerah berharap agar pihak medis atau Tim Gugus selalu menyampaikan kepada masyarakat agar tidak panik untuk menyikapi penyebaran virus tersebut.

"Kami menghimbau agar masyarakat tetap selalu berada dalam rumah, jangan suka berkerumunan, kecuali dalam yang sangat mendesak," harapnya. 

Sementara kata Kadis, saat ini kabupaten Halmahera Utara tidak ada pasien yang positif Covid -19, dan sementara 1 pasien dalam pengawasan.

"Namun demikian patuhilah aturan pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah, serta hindari keramaian dan patuhi pula himbauan lainnya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona," tuturnya.

JEFRI

Berita Terkait