Senin, 28 September 2020 | 21:58:54 WIB

Kasus COVID 19 - Polres Ternate Bubarkan Warga di Pusat Keramaian

Jum'at, 27 Maret 2020 | 16:14 WIB
Kasus COVID 19 - Polres Ternate Bubarkan Warga di Pusat Keramaian

Aparat kepolisian saat membubarkan warga menggelar hajatan dan melibatkan banyak orang. (FOTO: ANT/LINDO)

TERNATE, LINDO - Kepolisian Resort Ternate Melalui Personel Sat Sabhara Polres Ternate, Maluku Utara (Malut), menggelar patroli gabungan dan membubarkan kerumunan warga di pusat keramaian untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kami harus membubarkan warga yang masih berkerumun di pusat keramaian seperti landmark dan taman falajawa," kata Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda saat membubarkan warga di Pantai Falajawa, Jumat (27/03/2020).

Selain itu, dalam patroli gabungan ini personel TNI-Polri dan Satpol-P memberikan imbauan kepada masyarakat kota Ternate apabila tidak ada keperluan yang sangat penting agar tidak meninggalkan rumah atau tetap diam di rumah sesuai dengan kebijakan pemerintah dan maklumat Kapolri terkait larangan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan banyak orang berkumpul, ini dilakukan guna untuk mencegah atau memutus mata rantai virus Corona (COVID-19).

Dalam pelaksanaan patroli gabungan ini personel gabungan juga sebelumnya mendapati sebuah acara pesta keramaian bertempat di lingkungan BTN Marikurubu yang kemudian personel gabungan TNI-Polri dan Satpol-PP menghampiri kegiatan tersebut serta memberikan imbauan dan koordinasi dengan pemilik hajatan untuk dapat menghentikan kegiatan keramaian tersebut di saat situasi negara yang belum kondusif karena penyebaran COVID-19.

Bahkan, setiap hari patroli gabungan ini dilaksanakan di Belakang Mall Jatiland Ternate, Daerah Dodoali, Benteng Oranje, Pantai Falajawa, dan Seputaran Kota Ternate lainnya.

Sementara itu, Pemkot Ternate telah mengeluarkan surat edaran untuk menutup seluruh aktivitas hiburan malam dan menghentikan sementara izin pemutaran film di bioskop XXI Jatiland mall, guna mengantisipasi mewabahnya COVID-19 di Ternate.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman sebelumnya menyatakan, sejak 23-31 Maret 2020 seluruh aktivitas hiburan malam, karaoke, tempat pijat, bioskop XX1 Jatiland Mall ditutup operasionalnya dan untuk warkop diwajibkan sediakan hand sanitizer dan alat pendekteksi dan ini ditindaklanjuti dengan surat edaran khusus.

Selain itu, Pemkot Ternate juga juga berencana menutup seluruh tempat wisata, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berada di tempat keramaian.

Wali Kota juga menginstruksikan kepada setiap Lurah, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Se-Kota Ternate, untuk mengimbau kepada masyarakat harus taat kepada ketetapan pemerintah terkait dengan pencegahan COVID-19.

Berita Terkait