Selasa, 02 Juni 2020 | 01:10:51 WIB

Cegah COVID-19, Ajis Banapon Desak BPMD Sula Bentuk Relawan di Desa-Desa

Selasa, 31 Maret 2020 | 13:59 WIB
Cegah COVID-19, Ajis Banapon Desak BPMD Sula Bentuk Relawan di Desa-Desa

Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Sula Ajis Agus Banapon. (Foto: Imelda/Lindo)

SANANA, LINDO - Untuk memanilisir penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di kabupaten Kepulauan Sula, semua pihak harus bekerja sama guna tercapainya tujuan yang sama yaitu Sula bebas dari penyebaran Virus Corona.

Demikian hal itu ditegaskan Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kepulauan Sula Ajis Agus Banapon disela-sela kegiatan di Sula, Selasa (31/03/2020).

Ajis mendesak Kepala BPMD Kabupaten Kepulauan Sula agar segera menginstruksikan kepada seluruh kepala Desa se-Kabupaten Kepulauan Sula agar segera membentuk relawan Desa tanggap COVID-19 sesuai surat edaran Kemendes RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan penegasan padat karya tunai desa.

"Ini harus menjadi perhatian khusus dari kepala dinas BPMD kabupaten Kepulauan Sula, sesuai dengan surat edaran Kementrian Desa (Kemendes RI) nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai Desa. Secara regulasi suda ada jadi BPMD wajib untuk melaksanakannya," tukas Ketua KNPI Kabupaten kepulauan Sula Ajis Agus Banapon.

Selain itu juga Ajis mengajak seluruh masyarakat kabupaten Kepulauan Sula untuk membantu Pemerintah dan Aparat Keamanan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona dengan cara sebagai berikut:

1. Hindari dulu sentuhan fisik dengan orang lain, jaga jarak serta sementara jangan bersalaman.

2. Tidak melakukan acara keramaian maupun mendatangi kegiatan yang menimbulkan massa dalam jumlah banyak seperti acara resepsi pernikahan, pesta ronggeng, reuni, arisan, seminar, diskusi serta acara sejenis lainnya.

3. Kurangi mobilisasi kemanapun, lebih baik aman berdiam di rumah.

4. Hindari berkeliaran dan berkumpul diruang publik seperti taman kota, obyek wisata dan sejenisnya.

5. Rajin bercuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir.

6. Rajin berjemur di bawah matahari diatas jam 10 pagi minimal 15 menit setiap hari.

7. Rajin membersihkan lingkungan rumah dan perelabotan rumah, buka jendela dan pintu rumah biarkan sinar matahari masuk agar rumah tidak lembab.

8. Tidak membuat atau menyebabkan berita bohong atau berita hiax baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Mari bersatu memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona," ajak Ajis di sela-sela kegiatan pencegahan COVID-19.

IMEL

Berita Terkait