Jumat, 25 September 2020 | 05:25:46 WIB

Kapolri Naikan Status Polda Malut Jadi Tipe A, Kapolda Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Rabu, 15 April 2020 | 21:01 WIB
Kapolri Naikan Status Polda Malut Jadi Tipe A, Kapolda Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Kapolri Idham Azis memberikan keterangan pers pada wartawan di Jakarta. (Foto: PosTimur/Lindo)

JAKARTA, LINDO - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara berubah status dari tipe B menjadi tipe A. Peningkatan tipe tersebut berdasarkan persetujuan MenPAN RB terkait peresmian peningkatan tipe 7 Polda yang ditindaklanjuti surat telegram Kapolri Idham Azis.

Kenaikan tipe Polda Malut tersebut berdasarkan surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 tanggal 14/4/20 tentang pelaksanaan upacara peresmian peningkatan 7 tipe Polda dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A yang ditandatangani Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno.

Selain Polda Maluku Utara, enam Polda lainnya yang naik tingkat jadi tipe A yakni Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Barat, dan Polda Papua Barat.

Kenaikan tipe ke-7 Polda tersebut berdasarkan persetujuan yang diberikan Kementerian PANRB.

Kapolri menyampaikan dalam surat telegram kepada ke-7 Kapolda tersebut sebagai tindak lanjut persetujuan dari Kementerian PANRB tentang perubahan ke-7 Polda dari tipe B menjadi A.

“Peresmian perubahan 7 Polda tipe B menjadi tipe A tersebut akan dilaksanakan di Gedung Rupattama Mabes Polri,” demikian tertuang dalam Surat Telegram tersebut yang diterima, Rabu (15/04/2020).

Kini, Polda Malut yang dipimpin oleh Brigjen. Pol. Rikwanto di jenjang karirnya yang terbilang masih panjang tentu diharapkan dapat membangun Malut lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dengan peningkatan tipe Polda ini akan berdampak pada penguatan organisasi, sumber daya, personel hingga anggarannya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan
peningkatan status tipe ketujuh Polda tersebut sudah melalui proses pertimbangan yang komprehensif.

Salah satu pertimbangannya adalah luas wilayah dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut sehingga perlu ketahanan keamanan yang lebih kuat.

“Rencana 22 April pak Kapolri menaikkan tipologi 7 Polda tersebut,” ucapnya, Rabu (15/004/2020). Beberapa indikator semuanya sudah menjadi pertimbangan ya sesuai dengan kondisi,” ucapnya, Rabu (15/04/2020).

Dengan kenaikan type ini, otomatis Polda Malut nantinya bakal dipimpin oleh Jenderal Bintang Dua atau pangkat Inspektur Jenderal. Sedangkan Wakapolda akan dipimpin oleh perwira berpangkat Brigadir Jenderal. 

PT/AD

Berita Terkait