Jumat, 25 September 2020 | 04:19:52 WIB

Status Polda Berubah, Pangkat Kapolda Malut Berubah ke Irjen

Sabtu, 25 April 2020 | 16:11 WIB
Status Polda Berubah, Pangkat Kapolda Malut Berubah ke Irjen

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Rikwanto menjawab pertanyaan wartawan di Mapolda Malut, Kota Ternate. (Foto: Ist/Lindo)

JAKARTA, LINDO  – Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Rikwanto bakal naik pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi jenderal bintang dua alias irjen. Selain dia, enam kapolda lain juga akan mendapatkan kenaikan pangkat sama.

Kenaikan pangkat ini seiring terbitnya Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1278/IV/KEP./2020 tentang Pengukuhan serta Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 22 April 2020 ini ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri.

Dalam telegram ini, Brigjen Pol Rikwanto dikukuhkan sebagai Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dikukuhkan sebagai Kapolda Bangka Belitung, dan Brigjen Pol Eko Budi Sampurno dikukuhkan sebagai Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar).

Kapolri juga mengukuhkan Brigjen Pol Medisyam sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Indrajit sebagai Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar), Brigjen Pol Adnas sebagai Kapolda Gorontalo dan Brigjen Pol Tornagogo Sihombing sebagai Kapolda Papua Barat.

Pengukuhan jabatan ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Surat Telegram Kapolri Nomor 1189 tahun 2020 tentang kenaikan status tipe tujuh polda dari B menjadi A. Kenaikan tipe ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sebagai konsekuensi atas peningkatan tipe tersebut, posisi kapolda akan dijabat oleh jenderal bintang 2 dan wakapolda menjadi bintang 1. Kenaikan tipe tujuh polda tersebut berlaku efektif pada 22 April 2020.

“Semua pangkat kapolda dan wakapolda menyesuaikan dengan status tipe di polda tersebut. Kalau sebelumnya polda tipe B dipimpin brigjen akan naik jadi irjen, begitu juga wakapolda dari kombes akan jadi brigjen,” kata Kabipenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, Rabu (22/4/2020).

Sementara Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikun mengatakan bahwa kenaikan tipe polda Malut dari b ke a bersama 6 polda lainnya melalui proses panjang, dan ada kriteria yang harus dipenuhi, baik aspek geografi, demografi, sumberdaya manusia, sumberdaya alam, ideologi, politik maupun sosial.

“”Terjadinya pengukuhan setelah itu kepangkatan akan menyesuaikan,” kata Adip, Kamis (23/4/2020).

Seiring kenaikan tipe ini katanya otomasit harus dibarengi dengan pfofesionalisme personil dalam memberikan pelayanan publik ke masyarakat, maupun pelayanan lain baik penegakan hukum, perlindungan dan pengayomanan, salah satunya memperkuat tata kelola satuan, termasuk Polres Taliabu.

INEWS/AD

Berita Terkait