Sabtu, 04 Juli 2020 | 19:40:55 WIB

AS Akan Kirimkan Ventilator ke Indonesia

Sabtu, 25 April 2020 | 23:17 WIB
AS Akan Kirimkan Ventilator ke Indonesia

Seorang karyawan Hamilton Medical AG menguji ventilator di pabrik. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan ventilator ke Indonesia. Ini merupakan bentuk kerja sama AS dan Indonesia di bidang pembuatan alat kesehatan dalam rangka penanganan Vrus Corona (Covid-19).
 
“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” kata Presiden AS Donald Trump saat melakukan sambungan telepon dengan Presiden Joko Widodo, Jumat, 24 April 2020.
 
Trump mengatakan AS akan memproduksi ventilator. Dia berjanji ventilator tersebut akan dikirim ke Indonesia jika sudah siap. Kelanjutan kerja sama akan dilanjutkan tim dari negara masing-masing.

Kerja sama ini sebagai upaya mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan diri untuk tenaga medis. Beberapa alat yang kurang, yakni ventilator, alat perlindungan diri, dan masker. Kedua pimpinan negara itu mengakui alat tersebut memang sangat dibutuhkan seluruh negara di dunia.
 
Dalam pembicaraan itu, Jokowi dan Trump juga sepakat memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi saat masa pemulihan pascawabah korona berakhir. Saat ini, kedua negara baru bersepakat untuk saling bantu dalam penanganan korona.
 
Kedua pemimpin negara juga turut saling menyampaikan duka cita kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat korona. Duka ini juga menyelimuti seluruh pimpinan negara.

MEDCOM

Berita Terkait