Rabu, 12 Mei 2021 | 06:34:48 WIB

Pesan Khusus Bupati Morotai pada Warganya Yang Positif COVID-19 Jalani Isolasi

Minggu, 3 Mei 2020 | 20:36 WIB
Pesan Khusus Bupati Morotai pada Warganya Yang Positif COVID-19 Jalani Isolasi

Bupati Kabupaten Pulau Morotai, provinsi Maluku Utara, Benny Laos. (Foto: Whatshap/Lindo)

MOROTAI, LINDO - Bupati Kabupaten Pulau Morotai, provinsi Maluku Utara, Benny Laos, berpesan kepada para pasien yang terpapar positif COVID-19, khususnya warganya yang menjalani perawatan di ruang isolasi di Ternate.

Untuk tidak perlu khawatir, tetapi fokus penyembuhan. Dalam vedio dengan durasi beberapa menit itu, sang Bupati lebih banyak memberikan dukungan pada warganya agar jangan putus asa selama menjalan perawatan di ruang isolasi di Ternate maupun yang ada diluar kota Ternate.

Dia juga sempat berdukusi dengan salah satu warganya yang terpapar di ruang isolasi. Dalam perbincangan itu bupati Benny Laos juga meminta agar warganya selalu menahan diri dan banyak berdoa agar mereka tidak putus asa selama menjalani isolasi itu.

Sebelumnya Bupati Benny Laos mengumumkan status darurat pencegahan bencana, serta melanjutkan kerja-kerja satgas secara ketat dan masif. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayahnya.

Benny melihat semakin meningkatnya pasien positif corona di Indonesia, jajarannya juga melakukan pengawasan dan pemantauan di pintu-pintu masuk dalam bentuk screening terhadap kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Leo Wattimena, pelabuhan penyeberangan, pelabuhan laut, dan pelabuhan rakyat.

Selain itu pihaknya juga melakukan karantina selama 7 – 14 hari kepada semua masyarakat yang masuk ke Pulau Morotai walaupun dalam kondisi sehat.

Karantina juga dilakukan bagi orang dalam pemantauan (ODP) di RSUD Kabupaten Pulau Morotai selama 14 hari. Sedangkan bagi pasien dalam pengawasan (PDP) pihaknya langsung melakukan evakuasi dengan merujuk ke rumah sakit rujukan di luar Pulau Morotai.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan di antaranya dengan menjauhi kerumuman massa, menghindari sentuhan maupun berdekatan dengan orang lain, jaga jarak dalam komunikasi atau lebih banyak tinggal di rumah.

Selanjutnya sering mencuci tangan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga kesehatan dengan berolahraga teratur dan istirahat yang cukup. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi, menutup mulut saat bersin atau batuk, dan jika ada gejala segera melaporkan ke satgas, yakni dokter Toni pada nomor handphone 0853-3501-6777.

ALDY M

Berita Terkait