Sabtu, 04 Juli 2020 | 23:14:03 WIB

Keluarga 10 ABK Asal Rua Minta Pemerintah Pulangkan Anaknya

Senin, 18 Mei 2020 | 15:11 WIB
Keluarga 10 ABK Asal Rua Minta Pemerintah Pulangkan Anaknya

Ilustrasi Warga Ternate yang hilang kontak saat bekerja di kapal luar negeri. (FOTO: ANTARA/LINDO)

TERNATE, LINDO - Keluarga Anak Buah Kapal (ABK) asal Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Maluku Utara yang sementara berlayar di luar negeri meminta anak mereka dipulangkan. Pasalnya, sudah 4 ABK asal Ternate meninggal saat berlayar di luar negeri. Hal ini memicu kekhawatiran orang tua.

Aburahim Rajak salah satu keluarga ABK meminta pemerintah Kota Ternate, Pemprov Malut serta pemerintah pusat bisa memfasilitasi pihaknya untuk memulangkan mereka. "Kami berharap pemerintah di Malut termasuk Kementrian Luar Negeri bisa memfasilitasi," kata Rajak didampingi 10 orang tua ABK saat ditemui malutpost.id di rumah Babinsa Kelurahan Rua, Senin (18/5/2020).

Yani Suleman, orang tua ABK Rusmin Airin dan Ridwan Airin mengaku, salah satu anaknya Ridwan Airin sudah 2 tahun ini tidak pernah berkomunikasi dengan keluarga. Dia mengaku hanya menerima kabar dari sang kakak, Rusmin Airin yang sempat berlabuh di Korea Selatan jelang Ramadhan kemarin. "Tapi yang adiknya ini belum ada kabar sama sekali, kita orang tua sangat khawatir, apalagi ada tambahan 1 orang meningal," jelasnya.

Lurah Kelurahan Rua Maruf M. Saleh mengaku dari data keluarga kurang lebih 10 ABK yang berlayar di luar negeri berasal dari Rua. "Ada 3 orang yang tidak ada kontak sama sekali, makanya kami akan sampaikan ini ke pemerintah kota Ternate terkait keluhan orang tua ini agar mereka segera dipulangkan ke kampung," jelasnya yang didampingi Koptu Inf. Amang Hadin.

Penasehat Hukum, ABK almrahum Rian Bahri, Rido Fachry mengatakan, dari data yang ia terima ABK asal Maluku Utara yang direkrut PT Delta Samudera Berjaya, sebanyak 24 orang sementara PT Mandiri Tunggal Bahari 7 orang.

Beberapa ABK diantaranya, Endri Aidin M. Saleh, M. Riskal Hongi, Darman Talib, Hendra Sahri, Rusmin Airin, Ridwan Airin, Yusman M. Haji, Iswan Alwan dan Ridwan Rismon.

MALUTPOST/RED

 

Berita Terkait