Senin, 25 Mei 2020 | 22:13:31 WIB

Lagi, Gugus Malut Lansir 95 Orang Pasien Positif COVID-19

Selasa, 19 Mei 2020 | 19:36 WIB
Lagi, Gugus Malut Lansir 95 Orang Pasien Positif COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf. (Foto: Antara/Lindo)

TERNATE, LINDO - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menerima hasil pemeriksaan Tes Cepat Molokuler (TCM) di RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak tujuh spesimen di mana dua orang dinyatakan positif sehingga total menambah 95 orang positif COVID-19.

"Dari hasil pemeriksaan melalui TCM RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak tujuh spesimen dan dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif COVID-19 dua orang dari Kota Ternate, sehingga dengan penambahan dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19, maka Malut memiliki 95 orang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf, M. Kes, di Ternate, Selasa (19/05/2020).

Alwia menyatakan tambahan dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan sebaran Kota Ternate ini disebut sebagai kasus pasien 94 berinisial UH (65 tahun) Kelurahan Salahuddin Kota Ternate dan pasien 95 Ny AHB (66 tahun) warga Jati Kota Ternate dengan status sebelumnya Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Dengan bertambahnya dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 ini, maka Kota Ternate memiliki pasien terkonfirmasi positif terbanyak yakni mencapai 55 orang, Kota Tidore Kepulauan 13 orang.

Halmahera Utara delapan orang, Pulau Morotai tujuh orang, Kepulauan Sula empat orang, Halmahera Barat tiga orang, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah dua orang serta Halmahera Timur satu orang, sedangkan Kabupaten Pulau Taliabu belum ada pasien positif COVID-19.

Selain itu, hingga kini jumlah kasus sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium untuk pengobatan yang diterima dan dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang dan meninggal empat orang.

Alwia menambahkan untuk hasil pemeriksaan tes cepat sampai Selasa ini dilaksanakan pemeriksaan pada 3.836 orang didapatkan 201 reaktif yaitu 90 Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan 44 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tujuh orang dan 60 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 3635 hasil non reaktif.

Ia mencatat untuk OTG mencapai 972 orang atau terjadi penambahan sebanyak 61 orang secara kumulatif dari Halmahera Tengah dan Halmahera Utara, hal ini dikarenakan terjadinya tracking terhadap pasien positif COVID-19, namun ada pengurangan di Kota Ternate dan Halmahera Barat.

Untuk ODP 113 orang, terjadi pengurangan dua orang Halmahera Selatan dan Tidore Kepulauan, karena selesainya masa pemantauan serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 16 orang.

Alwia menambahkan, saat ini menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate ada 18 orang, 16 kasus positif COVID-19, PDP satu orang dan ODP satu orang.

"Sedangkan menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 59 orang dengan rincian 42 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 11 orang dan tujuh orang pelaku perjalanan," ujar Alwia.

ANT/AD

Berita Terkait