Selasa, 27 Oktober 2020 | 21:25:28 WIB

Cegah Kasus Covid-19, Warga Akelamokao Adakan Olahraga Bolakaki

Minggu, 31 Mei 2020 | 22:41 WIB
Cegah Kasus Covid-19, Warga Akelamokao Adakan Olahraga Bolakaki

(Foto: Aldy/Lindo)

AKELAMOKAO, LINDO - Laga persahabatan bola kaki antar Rukun Tetangga (RT) di desa Akelamokao, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halmahera Barat, provinsi Maluku Utara, pada Sabtu (31/05/2020) sore adalah laga pertandingan dalam rangka silaturahmi pasca hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah dan mengantisipasi pademi covid-19 yang saat ini marak di masyarakat Indonesia.

Dalam situasi seperti itu, masyarakat desa Akelamokao baik yang fersi Halut dan fersi Halbar yang saat ini memghadapi bencana covid-19, warga memilih laock downd dan melakukan aktifitas olahraga seperti bolakaki.

Warga memilih mengadakan kegiatan lomba bolakaki karena mereka mengaku suntuk dengan wabah ini. Sehingga resiko soal kasus wabah ini mereka lebih memilih menstabilkan kondisi tubuh melalui olahraga bolakaki.

Sejak pasca lebaran Idul Fitri, warga di desa itu memilih mengadakan kegiatan lomba bolakaki untuk menyambung talisilaturahmi untuk sama-sama mencegah wabah covid-19 yang masuk ke desa mereka.

Kegiatan itu digelar bukan untuk memgejar hadiah atau sumbangan dari juara yang mereka raih, melainkan hanya hiburan semata. Tidak dalam konteks perebutan juara ke satu, juara ke dua dan juara ke tiga, namun masing-masing keseblasan hanya ingin bermain secara sportif dan ingin mengusir kegaduhan soal penyakit wabah yang beredar dalam desa mereka.

Hingga memasuki kedelapan hari pasca lebaran Idul Fitri, sejumlah keseblasan dari masing-masing RT di desa tersebut sudah menggelar bolakaki hingga memasuki babak final pertandingan ini.

Menurut rencana, panitia bola kaki akan mempersingkat jadwal permainan yaitu dari satu hari untuk satu keseblasan dalam berlaga, namun kali ini panitia ingin agar pertandingan ini segera dirampukan, dengan cara bermain dua klub dalam satu hari yaitu RT01 bertemu bermain melawan RT04, sedangkan dalam desa Akelamokao hanya lima rukun tetangga yang turun bermain bolakaki. Tidak ada desa-desa lain yang turut serta dalam kegiatan itu, yang ada hanya warga masyarakat desa Akelamokao.

Jika tidak ada hambatan atau rintangan dalam jadwal pertandingan itu, maka panitia lomba bolakaki akan mempersingkat jadwal permainan bolakaki, maka kegiatan itu akan berakhir pada Rabu (3/6/2020) sore.

ALDY M

Berita Terkait