Minggu, 12 Juli 2020 | 16:21:33 WIB

Pasmar 3 Gelar Seleksi Personel Satgas Pam Puter XXIV Wilayah Timur

Senin, 1 Juni 2020 | 05:07 WIB
Pasmar 3 Gelar Seleksi Personel Satgas Pam Puter XXIV Wilayah Timur

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pasukan Marinir 3 (Pasmar 3) mendapatkan kepercayaan Korps Marinir untuk melaksanakan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) Wilayah Timur (Wiltim) XXIV tahun 2020, di Pulau Brass dan Pulau Fanildo.

Untuk menjawab kepercayaan tersebut, Komandan Pasmar 3 (Danpasmar 3) Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi mengeluarkan surat perintah kepada satuan bawah untuk mengirim prajurit terbaiknya dalam rangka mengikuti seleksi personel Satgas Pam Puter XXIV tahun 2020, di Markas Komando (Mako) Pasmar 3, Jalan Sorong - Klamono Km.16, Kelurahan Klablim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Propinsi Papua Barat, Minggu (31/5/20).

Pada kesempatan tersebut Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi menyampaikan arahan kepada panitia dan peserta seleksi, agar mengikuti dan melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, sehingga personel yang dipilih nantinya dapat melaksanakan tugas dengan  baik.  ”Tugas adalah kepercayaan dan kepercayaan adalah  kehormatan," ujar Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi.

Dalam pelaksanaannya, seleksi dilaksanakan pada 27 Mei - 30 Mei 2020. Adapun materi seleksi, meliputi Security Clearance (SC), Mental Ideologi (MI), Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) dan Samapta / Kesegaran Jasmani (Garjas) serta diikuti oleh 22 personel terbaik dari jajaran Kolak/Satlak Pasmar 3.

Seleksi Security Clearance dan Mental Ideologi dilaksanakan di Mako Pasmar 3, dengan tujuan untuk menilai dan mengukur sejauh mana mental serta mengetahui wawasan kebangsaan yang dimiliki setiap peserta seleksi yang didalamnya mencakup pergaulan remaja, kebijakan pemerintah, agama, UUD 1945, Pancasila, wawasan nusantara serta berita atau isu-isu terkini.  

Sedangkan Urikes dilaksanakan di RSAL Oetojo Sorong, untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh peserta seleksi, yang meliputi kesehatan mata, telinga, jantung, gigi dan darah serta pemeriksan yang lebih lengkap dan kompleks meliputi pemeriksaan Thorax Photo dan Elektro kardiografi (EKG). 

Pemeriksaan sangat penting dilaksanakan selain untuk mengetahui kondisi kesehatan tiap personel juga menjadi modal utama dalam melaksanakan penugasan khususnya Satgas Pam Puter Wiltim Indonesia ini.

Sementara itu, Samapta/Garjas dilaksanakan di lapangan alun-alun Aimas Kabupaten Sorong. Pada pelaksanaan Samapta ini, peserta  mengikuti beberapa tahapan diantaranya pengecekan kesehatan (pengecekan suhu tubuh dan tensi), melaksanakan streaching/senam peregangan otot, melaksanakan Baterai “A”, meliputi lari 12 menit di lanjutkan Baterai “B” yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shutle Run. 

Dengan demikian, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah,  menyiapkan dan memilih prajurit terbaik yang siap mental, fisik dan rohani dalam mengemban tugas, kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan negara untuk menjaga pulau-pulau terluar yang merupakan wilayah kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI), khususnya pulau Brass dan pulau Fanildo. (ARMAN R)

Berita Terkait