Minggu, 12 Juli 2020 | 17:22:36 WIB

Peringati Hari Lahirnya Pancasila Satgas Yonarmed 9 Kostrad Menerima Penyerahan Senjata Api Dari Warga

Senin, 1 Juni 2020 | 18:12 WIB
Peringati Hari Lahirnya Pancasila Satgas Yonarmed 9 Kostrad Menerima Penyerahan Senjata Api Dari Warga

Foto Pencerahan Senjata Api Oleh Warga Kepada Satgas Yonarmed 9 Kostrad.Pada Senin 1 Juni 2020.

TOBELO LINDO - Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ke yang jatuh pada tanggal 1 juni 2020 ini, 75 Satgas Yonarmed 9 Kostrad melaksanakan perintah yaitu menyaksikan live Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia. Senin 1/06/2020.

Suasana Pidato Kenegaraan kali ini berbeda dari biasanya hal tersebut karena Indonesia sedang berada di tengah wabah dan bencana non alam,dalam kondisi seperti ini Satgas Yonarmed 9 tetap melaksanakan operasinya di wilayah Maluku Utara. 

Kegiatan Pembinaan teritorial terus berlangsung tanpa mengenal hambatan apapun. 
Kerja keras itupun tak sia-sia. Satgas Yonarmed 9 berhasil memperoleh senjata api takitan yang diserahkan oleh masyarakat melalui pos-pos jajaran Satgas Yonarmed 9.

Komandan Satgas Yonarmed 9 Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi dalam rilisnya  dijelaskan bahwa Satgas Yonarmed 9 telah berhasil mendapatkan 5 pucuk senjata api rakitan berkaliber 5,56 mm dan 7,62 mm,Senjata tersebut juga diterima dari 5 warga desa yang berada di sekitar Pos 1 dama, desa dama, kec. loloda kepulauan, halmahera utara, pos kalan toboko kelurahan toboko, kec.ternate selatan, kota ternate, Pos 2 soatobaru SSK I,desa soatobaru kec.galela barat kab.halmahera utara, Pos 6 sangowo SSK I, Kec.morotai Timur,pulau morotai dan Pos koki SSK IV desa dofa, Kec. Mangoli Barat, Kab. Kepulauan Sula. Selanjutnya senjata api ini akan diserahkan ke Pos Kotis Satgas Yonarmed 9 Kostrad yang berada di Tobelo.

Dari keterangan pihak yang menyerahkan senjata mengatakan bahwa senjata tersebut disimpan dengan tujuan untuk menjaga-jaga keluarga mereka apabila kerusuhan seperti pada tahun 1999 s.d 2001 kembali terjadi. Katanya

"Senjata ini berhasil diperoleh Satgas Yonarmed 9 Kostrad merupakan hasil dari pendekatan personel Satgas Yonarmed 9 Kostrad dengan masyarakat setempat"

Perolehan senjata tersebut merupakan bukti bahwa masyarakat di wilayah Maluku Utara masih mencintai NKRI sekaligus membuktikan bahwa Satgas Yonarmed 9 Kostrad dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Komandan Kolakops Brigjen TNI Dr. C A Sopamena.S.I.P,.M.Si. mengatakan bahwa
" Dengan kehadiran Satgas Yonarmed 9 diharapkan dapat mengurangi jumlah penyebaran senjata api ilegal yang berada di masyarakat. Berkurangnya penyebaran senjata api meningkatkan keamanan yang berada di wilayah Maluku Utara”. (Faisal).

Berita Terkait