Minggu, 12 Juli 2020 | 17:11:49 WIB

Pemkab Kepsul Sediakan Lahan Untuk Jenaza Covid-19 Tiga Hektare

Selasa, 2 Juni 2020 | 00:58 WIB
Pemkab Kepsul Sediakan Lahan Untuk Jenaza Covid-19 Tiga Hektare

Foto-Suasana sosialisasi di desa Fukuweu.

LINDO Sula- Dalam rangka persiapan untuk menyediakan lahan tempat pemakaman bagi jenaza Covid-19 di kabupaten kepulauan Sula, Pemerintah Daerah melalui Tim satgas Covid-19 melaksanakan sosialisasi bersama warga desa Fukuweu, Kecamatan Sanana Utara Kabupaten Kepulau Sula, Senin (01/06/20)

Sosialisasi tempat pemakaman jenaza Covid-19 dengan kepala pemerintahan Sanana Utara bersama warga masyarakat desa Fukuweu yang berlangsung pukul 11:05 WIT berlangsung alot.

Hadir dalam rapat tersebut adalah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten kepulauan Sula, A. Yasin Hayatudin, Direktur RSUD Sanana, dr.Makmur Tamim, Kepala pemerintahan kecamatan Sanana Utara, Husen Teapon.SE , Kepala Kesbangpol Kabupaten kepulauan Sula, Said Losen, Kabag Kesra, Hi.Haryono Subianto, Kasubag Pertanahan, Fataha Fataruba, Kades Fukuweu, M.Noh. Buamona , Masyarakat desa Fukuweu kurang lebih 50 orang dan Tim TRC Gugus Tugas yang meliputi TNI/Polri, Kesehatan , Satpol-PP dll yang berjumlah 20 orang.


Pada pertemuan tersebut Direktur RSUD Sanana, dr. Makmur Tamim menyampaikan bahwa untuk di ketahui Masyarakat kabupaten kepulauan Sula bahwa korban meninggal yang di karenakan Covid-19, sebenarnya jika sudah di makamkan maka virus tersebut sudah tidak lagi menyebar karena virus tersebut menhalarnya lewat droples(Percikan air liur).

Bentuk dari virus ini mudah hancur karena ia hanya diliputi oleh selaput lemak yang tidak keras,maka hanya dengan mencuci tangan atau kena cairan  disinfektan pun ia akan hancur.

Adapun petugas khusus yang kami sediakan itu pun akan di biayai.

Harapan saya semoga tidak ada korban meninggal dari kabupaten kepulauan Sula, tetapi tidak menutup kemungkinan dan itu juga di wajibkan, maka tanah pemakaman ini harus kami sediakan cetus Jubir Satgas Covid-19 Kepsul.


Hal senada di sampaikan juga oleh kepala pemerintahan kecamatan Sanana Utara Husen Teapon. SE, menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak tim satgas Covid-19 kabupaten kepulauan Sula yang suda menjawab beberapa point' yang hingga kini masih menjadi pertimbangan kami, maka lewat forum ini saya pribadipun merasa legah dan saya berharap masyarakat desa Fukuweu juga dapat memahami maksud baik dari tim gugus tugas Covid-19 kabupaten kepulauan Sula.

"Saya berharap masyarakat bisa memahami maksud baik ini, apalagi jenazah yang akan di kuburkan juga bagian dari dari keluarga kita sendiri, yakni orang Sula yang secara sah mereka di wajibkan di kuburkan di tanah leluhurnya yaitu tanah Sula, untuk itu mari kita saling mendukung dalam program pemerintah " cetus Husen Teapon penuh harap.

Rapat sosialisasi tempat pemakaman jenaza Covid-19 yang bertempat di desa Fukuweu Kecamatan Sanana Utara berakhir tepat pada pukul 13:05 WIT dengan situasi yang kondusif dan di terima oleh masyarakat desa Fukuweu dengan beberapa hasil kesepakatan yaitu :

1. Lokasi pemakaman di tentukan di seputaran tempat pembuangan akhir (TPA ) yang jarak nya dengan TPA akan di tentukan pada pengecekan di lokasi nanti, dikarenakan di wilayah TPA tersebut masuk dalam lahan Pemda Kabupaten kepulauan Sula dengan ukuran lahan 3 hektare.

2. Bahwa berdasarkan protokoler kesehatan bahwa jarak pemakaman jenazah Covid-19 dengan pemukiman berjarak 500 meter dan jarak dengan genangan air atau tempat yang sering di lewati air minimal 50 meter.

3. Masyarakat desa Fukuweu menerima tawaran tempat pemakaman jenaza Covid-19, di wilayah petuanan desa Fukuweu yang berlokasi di seputaran TPA dengan besar lokasi 3 hektare lebih.
(Imel)

Berita Terkait